Dubes Amerika Robert Blake Ajak Mahasiswa Belajar ke Amerika Serikat

Oktober 27, 2014 oleh : BHP UMY

IMG_5934Belajar ke luar negeri adalah pilihan yang baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengalaman seputar negara-negara maju. Selain itu, ikut merasakan suasana tinggal di luar negeri juga merupakan pengalaman yang berharga bagi banyak orang. Karena itu belajar ke luar negeri seperti Amerika merupakan pilihan yang tepat bagi pelajar Indonesia untuk menambah pengalaman untuk merasakan tinggal dan belajar di Amerika.

Demikian disampaikan oleh Duta Besar Amerika untuk Indonesia, Robert Blake dalam sambutannya saat menyampaikan materi mengenai “Global Education 21th Century” yang disampaikan saat kunjungannya ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), bertempat di Ruang Sidang AR. Fachruddin B lantai 5 UMY, Kamis (23/10).

Selain itu, Robert juga mengungkapkan bahwa dirinya secara pribadi mengajak mahasiswa yang ada di UMY untuk belajar ke Amerika. Ia juga mengungkapkan bahwa di Amerika, para pelajar dari luar negeri yang memilih belajar ke universitas yang ada di Amerika mempunyai peluang yang besar untuk mendapatkan banyak beasiswa, baik dari pemerintah Amerika maupun universitas yang ada disana.

“Secara pribadi saya mengajak anda semua yang ada disini untuk belajar ke Amerika. Selain anda bisa mendapatkan pengalaman tinggal di Amerika, anda juga mempunyai kesempatan yang besar untuk mendapatkan beasiswa baik dari pemerintah maupun dari universitas dimana anda belajar,” ungkap Blake.

Blake juga menambahkan saat dirinya menjawab pertanyaan dari salah satu peserta kuliah umum terkait adanya diskriminasi kepada pelajar yang menggunakan jilbab di sana. Blake membantahnya, dirinya menyebutkan bahwa di Amerika tidak ada diskriminasi kepada orang muslim yang menggunakan jilbab. Dirinya mengungkapkan bahwa pemerintah Amerika melindungi orang yang ingin menggunakan jilbab. Blake juga mengatakan, masyarakat di sana sangat menghormati adanya perbedaan dan kepercayaan yang berbeda-beda, pemerintah Amerika juga berkomitmen agar tidak ada diskriminasi di Amerika.

“Tidak ada diskriminasi dalam penggunaan jilbab di sana. Kami melindungi orang yang ingin menggunakan jilbab, dan masyarakat juga sangat menghormati dengan adanya perbedaan di sana. Kepercayaan yang berbeda-beda sangat kami jaga untuk tetap bisa berlajalan dengan baik disana, di Amerika serikat pemerintah terus menjaga agar tidak ada diskriminasi,” jelas Blake.

Selain memberikan kuliah umum, Blake juga telah mengunjungi American Corner (AMCOR) yang ada di UMY, dirinya ingin melihat secara langsung aktivitas yang ada di AMCOR UMY dengan ditemani Rektor UMY Prof. Dr. Bambang Cipto, MA dan seperangkat jajaran UMY. (Shidqi)