Dua Srikandi di balik Maskot ‘Lombok Abang’

Juli 12, 2012 oleh : BHP UMY

Sudah menjadi sesuatu yang wajar apabila lelaki dengan fisik yang kuat menjadi lakon maskot. Namun lain halnya selama Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-25 yang diselenggarakan hingga Sabtu (14/7), dua orang Srikandi yang bernama Eka Annisa Sari (17) dan Mutia Ahhimza (17) menjadi orang yang berada di balik maskot prajurit ‘Lombok Abang’ yang diarak dengan mobil fordriderdari Asri Medical Center UMY hingga Keraton Yogyakarta pada Pawai PIMNAS.

Eka Annisa Sari atau yang akrab disapa Eka merupakan siswi di Madrasah Aliah Negeri Godean yang pada tahun ini berumur 17 tahun, ia lahir di Sleman, 1 Januari 1995, sedangkan rekannya Mutia Ahhimza yang akrab disapa Mutia merupakan siswi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Godean yang juga tahun ini genap berumur 17 tahun, ia lahir di Tangerang, 26 Februari 1995.

Di temui setelah Pawai PIMNAS, Mutia menuturkan kesannya, “Saya senang karena kesempatan ini merupakan pengalaman pertama kali, mudah-mudahan menjadi pelajaran dan dapat hikmahnya juga”. Lanjutnya, “Pada kesempatan kali ini mungkin pertama kalinya maskot seorang wanita, sehingga tidak hanya seorang laki-laki saja yang menjadi seorang maskot tetapi saya ingin menujukkan di kesempatan kali ini bahwa wanita juga bisa”.

Hal serupa dilontarkan oleh rekannya, Eka menuturkan, “Saya sangat senang sekali mendapatkan kesempatan menjadi maskot pada Pawai PIMNAS kali ini”. Lanjutnya, “Maskot kok mesti laki-laki, sekali-kali maskot itu perempuan. Biar perempuan itu tidak terkesan lembek dari pendapat orang-orang”.

Yunianto, Penanggungjawab Maskot, menuturkan pemilihan maskot yang dilakoni wanita dengan dasar bahwa mereka merupakan aktivis di bidangnya masing-maisng. Terkait dengan daya tahan fisik kedua Srikandi tersebut, Yunianto menegaskan “Karena mereka sering melakukan aktivitas fisik seperti Olahraga sehingga tidak menjadi masalah bagi mereka, sehingga kita tetap tenang untuk daya tahan mereka”.   Di akhir pertemuan, Mutia menyampaikan harapannya terkait pelaksanaan PIMNAS ini, “Semoga PIMNAS tahun ini bisa sukses, dan bisa meninggikan nama baik Pendidikan di Indonesia, dan semoga kualitas Pendidikan di Indonesia semakin maju”. Di tempat yang sama rekannya Eka menuturkan, “Harapan saya, semoga PIMNAS ke-25 di UMY ini sukses dan dapat meraih juara yang banyak”.

Sharing is caring!