Dua RSUD Jadi RS Pendidikan Utama UMY

Februari 2, 2012 oleh : BHP UMY

Rumah Sakit Pendidikan merupakan salah satu komponen utama dalam pelaksanaan program pendidikan dokter. Untuk mewujudkan hal tersebut UMY telah berhasil mendampingi  RSUD Salatiga dan RSUD Bantul memperoleh predikat sebagai Rumah Sakit Pendidikan tipe B.

Demikian disampaikan oleh dr. Suryanto, Sp.PK  Sekretaris Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK-UMY) saat ditemui di Kampus Terpadu UMY, Kamis (02/02).

Suryanto menjelaskan bahwa proses pendampingan tersebut sebenarnya bukan hanya dilakukan di dua rumah sakit tersebut tetapi juga dilakukan di beberapa rumah sakit di DIY dan Jawa Tengah. ”Secara keseluruhan pendampingan pendampingan tersebut dilakukan di tujuh rumah sakit yaitu di RS Jogja, RSUD Bantul, RS. PKU Muhammadiyah Yogyakarta, RSUD Temanggung, RSUD Wonosobo, RSUD Magelang, RSUD Salatiga dan RSUD Purworejo” ujarnya.

“Dari tujuh rumah sakit tersebut dua rumah sakit telah ditetapkan sebagai RS Pendidikan. Untuk RSUD Salatiga memperoleh predikat RS Pendidikan tipe B dengan 16 akreditasi pelayanan dan RSUD Bantul memperoleh predikat RS Pendidikan type B dengan akreditasi 12 pelayanan dan bulan ke depan akan menyusul RSUD Purworejo yang saat ini masih dalam tahap penilaian” tambahnya.

Dalam proses pendampingan tersebut UMY bekerja sama dengan Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia (ARSPI) berupa Clinical Teaching, In House Training dan beberapa kegiatan lainnya untuk mewujudkan RS Pendidikan yang memenuhi standar yang sudah ditetapkan.

Lebih lanjut Surya menambahkan dengan diterimanya SK sebagai RS Pendidikan, maka UMY telah memiliki  dua rumah sakit pendidikan yang berada di DIY dan Jawa Tengah. “Dengan predikat sebagai RS Pendidikan maka RSUD Salatiga dan RSUD Bantul resmi menjadi RS Pendidikan bagi FKIK UMY dan kami akan terus berupaya agar rumah sakit lainnya akan memperoleh predikat yang sama bahkan lebih baik lagi” tambahnya.

Akhirnya, Surya berharap dengan keberadaan RS Pendidikan ini disamping untuk memberikan pelayanan kesahatan, juga akan berfungsi sebagai wahana peningkatan kompetensi calon calon dokter khususnya lulusan UMY agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat. (sakti)