Dosen Thailand Tertarik Belajar Ekonomi dan Perbankan Syariah pada Dosen FE UMY

April 11, 2014 oleh : BHP UMY

Dalam rangka memperkuat moto muda dan mendunia, Fakultas Ekonomi UMY mengambil inisitif melakukan kunjungan Akademik ke Khon Kaen University, Thailand. Bertempat di Ruang Seminar Nong Khai Campus diskusi akademik diselenggarakan pada hari jum’at 22 Maret 2014. Hadir pada kesempatan itu Dr. Masyhudi Muqorabin, Dr. Rizal Yaya dan 12 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi UMY serta satu dosen FE-UMY yang sedang studi S-3 disana. Adapun dari Khon Kaen University hadir Dr. Anuchar Ninprapan selaku Vice President Khon Kaen University, Dr. Grid Rangsungnoen, Dean of Faculty of Business Administration, Dr. Sukhumvit Saiyasopon, Dean Faculty of Integrated Social Sciences, beserta para dosen lainnya dan mahasiswa pasca sarjana.

Dari narasumber tuan rumah, Assistant Professor Bodhee Putsyainunt, rombongan UMY mendapat wawasan tentang perkembangan pembangunan di Thailand sejak zaman kolonialisme hingga menuju modernisasi. Disebutkan bahwa pemerintah Thailand secara bertahap selalu melakukan investasi untuk pengembangan infrastruktur guna memacu ekonomi dan mengantisipasi perkembangan jumlah penduduk yang semakin meningkat karena masuknya imigran dari negara tetangga terutama kawasan indocina.

Dalam sesi paparan oleh dosen UMY, Dr. Masyhudi Muqorabin menyampaikan tentang peran strategis dikembangkannya ekonomi Islam guna menghindari krisis ekonomi yang rentan terjadi dalam skema ekonomi konvensional. Dijelaskan oleh Dr. Masyhudi bahwa konsep ekonomi dan perbankan Islam mulai diterapkan oleh Negara-negara non-Muslim guna menuju tingkat keseimbangan antara kestabilan ekonomi sektor riil dengan sektor financial. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Rizal Yaya menjelaskan tentang bagaimana perbedaan operasi kedua bank tersebut jika dilihat dari segi implikasi transaksi pada praktik akuntansi. Dalam sesi tanya jawab beberapa dosen dari pihak tuan rumah menyampaikan ketertarikannya untuk memahami ekonomi Islam dan menawarkan untuk riset bersama terutama dalam hal perbankan syariah.

Diskusi akademik diakhiri dengan penandatanganan Memorandum of Agreement antara Fakultas Ekonomi UMY dengan Faculty of Business Administration Khon Kaen University dan antara Fakultas Ekonomi UMY dengan Faculty of Integrated Social Sciences yang menyepakati untuk saling memfasilitasi kegiatan pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa, riset dan forum akademik bersama. Secara khusus rombongan UMY dijamu dengan masakan Thailand yang dimasak oleh rumah makan halal yang ada di propinsi yang lebih 90% penduduknya beragama Budha. Ketika waktu dhuhur datang, rombongan dari UMY dipersilahkan menggunakan salah satu ruang untuk digunakan shalat jum’at dengan diimami oleh Dr. Masyhudi Muqorobin.