Dosen Prodi KG UMY Hadiri Asia Pasific Dental Congress (APDC) 2018 di Manila, Filipina

Mei 11, 2018 oleh : BHP UMY

Dosen Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KG UMY) berpartisipasi dalam kegiatan Asia Pasific Dental Congress. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 7-11 Mei 2018 yang bertempat di SMX Convention Center, Pasay City, Philipines dengan tema “Intensifying Profesionalism in Synergy with Dental Science and Technology.” Kongres APDC ke-40 tersebut diselenggarakan bersamaan dengan Philipine Dental Association (PDA) Congress yang ke 109, dan dihadiri oleh 32 negara yang merupakan anggota dokter gigi serta dosen-dosen yang berkompetensi yang berasal dari Asia, Europe, United States juga dosen yang terpilih dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas di Philipina.

Asia Pasific Dental Congress sendiri, menurut drg. Sartika Puspita, M.D.Sc yang juga ikut serta dalam acara tersebut, merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh Asia Pasific Dental Association (APDA) yang merupakan bagian dari Federation Dental International (FDI) dimana Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) masuk di dalamnya. APDC 2018 di Manila merupakan acara tahunan yang diselenggarakan secara bergantian di setiap negara di Asia Pasifik dan merupakan acara yang bergengsi untuk dokter gigi se-Asia Pasifik.

Kegiatan APDC 2018 ini, jelas drg. Sartika lagi, meliputi plennary type, round table discussion, small group discussion, workshop, pameran bahan dan alat kedokteran gigi serta oral dan poster presentation. Tujuan acara ini adalah meningkatkan secara optimum skill dan pengetahuan para dosen dan dokter gigi. Tujuan dosen KG UMY mengikuti kegiatan ini adalah untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang penelitian dan publikasi karya ilmiah serta mendukung kegiatan internasional program dari Universitas dan membuat jejaring dengan organisasi profesi serta institusi internasional sehingga mendukung akreditasi dan meningkatkan kualitas dosen.

Adapun dosen yang terlibat dalam kegiatan ini berjumlah 8 dosen diantaranya 6 dosen sebagai oral presenter dan 2 dosen sebagai poster presenter. Mereka yaitu drg. Erma Sofiani, Sp.KG dengan judul: Re-treatment of Second Lower Left Premolar Tooth Type III Vertucci Classification with Periapical Abcess (Case Report)”. drg. Sartika Puspita, M.D.Sc dengan judul: “The Viability of Fibroblast Pulp Cells to Cocoon Bombyx Mori L as Direct Pulp Capping Material”. drg. Laelia Dwi Anggraini, Sp.KGA dengan judul: “Space Maintainer With Double Tube Combination to Movement of Arch” (Case Series). drg. Sri Utami, M.P.H dengan judul: “The Correlation Between Dental Caries Status and Quality of Live (OHRQL-Oral Health Related Quality of Live) of Elder People in Budi Luhur Nursing Home Bantul 2017”.

Kemudian ada drg. Novitasari Ratna Astuti, M.P.H dengan judul “Correlation between Knowledge and Behaviour of Dental Care and Oral Health with Periodontal Health Status in Elderly (Study of Nursing Home Abiyoso). drg. RR. Pipiet Okti Kusumastiwi, M.P.H dengan judul “Clove Filter Cigarette and Bitter Taste Sensitivity in Active Smokers”. drg. Fahmi Yunisa, Sp.Pros dengan judul: “The Role of Periperal Seal in Complete Denture Retention: a Case Report”. drg. Widyapramana Dwi Atmaja, M.D.Sc dengan judul: “Comparative of Tensile Strenght Between Resin Cement and Glass Ionomer Cement Type I to Nano Hybrid Composite Resin in Direct Veneer Restoration”.