Dosen PBI UMY Berikan Program Pelatihan Public Speaking Untuk Siswa SMP

Mei 20, 2019 oleh : BHP UMY

Kemampuan untuk berbicara di depan umum merupakan sebuah aset yang akan sangat bermanfaat dalam berbagai aktifitas, baik dalam keseharian maupun pendidikan. Keahlian ini akan dapat lebih berkembang apabila dilatih semenjak dini. Untuk itu tim pengabdian masyarakat dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pelatihan English Public Speaking untuk siswa SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan secara intensif sejak 6 Maret sampai dengan 10 April 2019 lalu. Kegiatan ini dilaksanakan oleh 2 orang dosen yaitu, Arifah Mardiningrum, M.A., dan Andi Wirantaka, M.Hum.

Disampaikan oleh Arifah bahwa fokus dari program pelatihan ini adalah pada pelatihan keterampilan berbicara di depan publik dalam bentuk pidato bahasa Inggris. “Program ini kami terapkan pada dua puluh siswa siswi SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta kelas tujuh dan delapan. Harapannya program ini dapt menjadi pembuka bagi bibit-bibit unggul yang siap bersaing dalam kompetisi perlombaan pidato ataupun kegiatan lainnya. Program didisain sedemikian rupa dimana setiap siswa mendapatkan perhatian yang khusus, karenanya pelatihan tidak dilaksanakan secara klasikal berupa ceramah dari pelatih, melainkan difokuskan pada praktik langsung di tiap sesinya,” ujarnya.

Arifah menyebutkan bahwa dalam pelaksanaannya, lima mahasiswa PBI UMY juga dilibatkan. “Setiap mahasiswa mengampu empat orang siswa dalam pembimbingan praktik di tiap pertemuan. Materi pelatihan difokuskan pada pronunciation, articulation, dan body language yang diperlukan ketika seseorang berpidato. pada pertemuan terakhir pelatihan diadakan perlombaan pidato antar siswa yang menjadi perwakilan setiap kelompoknya. Melalui ini dapat dilihat langsung perkembangannya selama menjalani pelatihan,” ungkapnya.

Melihat antusiasme yang tinggi dari peserta pelatihan, Arifah berharap semangat ini dapat dipertahankan oleh para sisiwa. “Dalam waktu yang singkat ini, kami sadar bahwa tidak setiap siswa dapat menjadi mahir untuk berbicara di depan publik. Namun yang ingin kami tekankan adalah peningkatan kepercayaan diri siswa yang terlihat selama pelatihan berlangsung. Semoga ini dapat menjadi pendorong bagi mereka kedepannya untuk terus mengembangkan kemampuan dan juga berkompetisi,” paparnya.

Ditambahkan oleh Annafi Annanda Oktaria, S.Pd., guru mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP Muhammadiyah 8, bahwa program ini menjadi aktivitas yang sangat baik untuk membantu sekolah dalam meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris, khususnya kemampuan berpidato. “Hal ini dikarenakan terbatasnya waktu alokasi pembelajaran Bahasa Inggris yang belum terdukung dengan ekstrakurikuler. Sementara itu, dalam kompetisi yang sering diikuti oleh para siswa, mereka harus bersaing dengan sekolah menengah pertama lain di seluruh Yogyakarta. Program ini tentu akan menjadi sangat bermanfaat bagi para siswa untuk menambah wawasan dalam bidang pidato,” jelasnya.