Doa dan Harapan WP UMY di Usianya Yang Ke-6

November 27, 2019 oleh : BHP UMY

Tanggal 26 November tahun 2019, Warung Prancis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memasuki usianya yang genap enam tahun. Kegiatan perayaan dengan konsep sederhana digelar untuk memperingatinya, yang bertempat di depan WP UMY Gedung D Lantai 2 Kampus Terpadu UMY, Senin (26/11) siang.

Sejauh ini telah banyak prestasi yang diberikan oleh WP UMY, salah satunya meraih predikat WP terbaik se-Indonesia pada tahun 2016 dan 2018 yang diberikan oleh Institut Francais d’Indonesie Jakarta (IFI). Maka dari itu, dengan bertambahnya usia, tentu ada harapan terbaik agar WP UMY bisa terus mengharumkan nama kampus melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan.

Dr. Sukamta, ST., MT., Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UMY mengamini harapan tersebut, agar WP UMY semakin maju dan bermanfaat bagi semuanya. “Saya mewakili atas nama pimpinan universitas mengucapkan selamat ulang tahun Warung Prancis UMY yang ke-6. Mudah-mudahan dengan bertambahnya usia, semakin tambah juga pengalamannya khususnya dalam mempelajari budaya Prancis dan budaya Indonesia, dan dapat saling belajar serta kerjasama, baik itu dalam hal seminar guest lecture untuk berdiskusi bersama budaya mereka di kampus kita.”

Untuk bisa mencapai target yang diinginkan, Sukamta menekankan agar WP UMY bisa menjadi tempat terbaik untuk mahasiswa yang ingin mempelajari budaya Prancis atau bahkan bisa mewujudkan impian melanjutkan studi ke Prancis. “Saya juga tidak muluk-muluk untuk memberikan target kepada WP UMY ke depan karena sudah enam tahun usianya, namun kami berharap paling tidak ada dosen atau alumni UMY yang kemudian studi lanjut ke Prancis. Jadi keberadaan WP UMY harus dapat memberikan dampak, manfaat kepada UMY atau masyarakat sekitar. Mereka bisa datang ke sini untuk belajar, bisa belajar budaya Prancis, bisa conference ke Prancis,” ujarnya.

Ada beberapa indikator untuk WP UMY ke depan agar dapat memenuhi target tersebut seperti yang dijelaskan oleh Sukamta. “Tentu saja, kami sangat berharap WP UMY semakin sering melakukan pelatihan-pelatihan kerjasama dengan Prancis, kemudian ada mahasiswa UMY yang melanjutkan kuliah ke Prancis karena itu bisa mempengaruhi pemeringkatan kampus dari segi berapa jumlah mahasiswa UMY yang studi ke luar dan berapa banyak mahasiswa luar negeri yang datang ke UMY, kemudian juga melakukan join research,” tukasnya.

Sementara itu, penanggung jawab WP UMY Mariska Intan Sari, SS., MA., menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu WP UMY berkembang seperti saat ini. “Saya mengucapkan terima kasih kepada UMY, IFI Jakarta, voulenteer, yang telah membantu menyukseskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan WP UMY. Kita semua berharap ada dosen atau mahasiswa UMY yang belajar di Prancis, atau sebaliknya mahasiswa Prancis datang ke UMY untuk berbagi ilmu,” tutur Mariska, yang juga dosen PBI UMY itu. (Hbb)