DC UMY Siap Ikuti Kejuaraan Internasional JOMC 2016

September 17, 2016 oleh : BHP UMY

cg-3

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Drum Corps UMY (DC UMY) kembali unjuk gigi tahun ini. Kali ini DC UMY akan mengikuti kejuaraan International Jember Open Marching Competition (JOMC) 2016 pada 23-25 September mendatang. Bertempat di lapangan Bintang UMY, Konser Pamit menuju JOMC telah dlaksanakan Jumat, (16/9) malam. Konser Pamit ini juga dihadiri oleh Ketua Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY,Ir. Agus Nugroho Setiawan M.P , Ketua Pengembangan Kreativitas Mahasiswa (PKM) UMY, Sugito, S.IP, M.Si dan Ketua Carrier Development Center (CDC) UMY, Triyana.

JOMC merupakan ajang internasional tahunan yang diadakan di Jember  dan didukung oleh Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI), Asian Marching Band Confederation (AMBC) dan Winter Guard Internasional (WGI ) dari Amerika Serikat. Pertama kali diadakan pada tahun 2012 dan memasuki tahun ke-5 ini akan ada 7 negara yang memeriahkan JOMC diantaranya berasal dari Indonesia, Filiphina, Thailand, Jepang, Malaysia, Hongkong dan Afrika Selatan.
Dalam kejuaraan JOMC ini DC UMY akan menurunkan para pemain terbaiknya dalam 4 empat mata lomba, yaitu Brass Battle, Drum Battle, Color Guard Contest, dan Individual Contest. Mereka akan menampilkan tema yang berbeda-beda dalam setiap lomba. Brass Battle mengusung tema “Bad Boys” dalam pagelarannya. Drum line akan membawakan “Beat It”, sedangkan Color Guard menampilkan visual bertajuk “You’ll Never Walk Alone”.

Rektor UMY, Prof.Bambang Cipto, MA yang berhalangan hadir namun tetap memberi sambutan yang ditayangkan lewat video menitipkan pesan kepada DC UMY. “Semoga di lomba ini adik-adik bekerja dengan keras, disiplin, kompak, menunjukkan visi kita sebagai warga UMY yang unggul dan Islami serta Muda Mendunia. Yang mana itu bisa ditampakkan di kegiatan seperti ini sperti yang sudah-sudah. Saya berharap nanti bisa mendapatkan salah satu nomer yang tentu diharapkan,”ungkapnya.

Bambang menambahkan pihaknya mengapresiasi langkah DC UMY dalam mengikuti kejuaraan. “DC UMY ini tentu selalu diharapkan berusaha keras untuk mencapai yang terbaik, baik di tingkat nasional maupun Internasional. Kami di kampus memberikan dorongan, semoga di lomba ini mendapat capaian terbaik sebagaimana yang diharapkan. Selamat berjuang, semoga sukses membawa sesuatu yang bisa dibanggakan oleh segenap civitas akademika UMY,”harapnya.
Sementara itu, Triana Widyastuti selaku Ketua DC UMY yang mengungkapkan total jumlah pemain sebanyak 47 orang. “Ke 47 pemain terdiri dari 18 orang pemain brass, 15 orang pemain drumline, 10 orang pemain Color Guard dan 2 orang yang mengikuti Individual Contest. Dengan adanya konser pamit ini, kami meminta doa restu dan dukungan segenap masyarkarat dan civitas akademika UMY mengikuti kejuaraan ini. ”ujarnya.

JOMC merupakan ajang yang termasuk baru bagi DC UMY. Keikutsertaan terakhir DC UMY dalam ajang ini pada tahun 2014 dan saat itu berhasil meraih second runner-up dalam drum battle. Oleh karena itu , Triana berharap dapat mnegulang capaian tersebut dan bahkan melampauinya. “ Tahun ini materi lebih banyak. Pemain dan mata lomba yang kami ikuti juga lebih dari satu , semoga bisa meraih kesuksesan seperti dua tahun lalu atau bahkan melampauinya,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa persiapan kejuaraan ini sudah dari 4 bulan yang lalu. Ditambah dengan seminggu terakhir para pemain melakukan latihan intensif dan karantina. “ Persiapan akhir sudah kami lakukan dari  seminggu yang lalu dengan para pemain melakukan latihan intensif dan karantina. Hingga Konser Pamit tadi kami sudah siap berangkat ke Jember,” tambahnya. (bagas)