Communication Awards 2018 Lestarikan Bahasa Daerah Melalui Karya

November 1, 2018 oleh : BHP UMY

“Sejak 2005 Communication Awards (CA) yang di selenggarakan oleh prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (IK UMY) telah mewarnai dunia komunikasi di Indonesia dengan mengapresiasi karya-karya anak bangsa,” ungkap Haryadi Arief Nur Rasyid, S.IP, M.Sc. ketua prodi IK UMY dalam acara Soft Opening CA 2018 pada Kamis (1/11) di gedung AR Fachruddin B UMY.

Dikatakan oleh Haryadi Communication Award adalah salah satu ajang kompetisi nasional tertua dalam bidang komunikasi di Indonesia. “Sudah 13 tahun kita mengapresiasi karya mahasiswa komunikasi di bidang kreatif, CA adalah salah satu ajang tertua di Indonesia,” jelasnya.

Dalam Communication Awards 2018 layaknya acara tahun-tahun sebelumnya, selalu ada tema yang unik dan bersifat perhatian terhadap Indonesia atau kehidupan. Tema CA 2018 ini adalah “yang melekat dan menghilang Antarlina” sebagaimana diungkapkan oleh Abi Pranaya selaku ketua CA 2018. “Soft opening CA tema ini berfokus pada bahasa daerah yang hampir punah di Indonesia. Harapanya melalui tema ini kita bisa mencegah kepunahan bahasa daerah dengan karya-karya anak bangsa,” ungkap Abi.

Ia juga menambahkan akan ada 4 kategori yang di lombakan dalam CA 2018 ini, yakni Print AD, PR-Nation, Integrated Campaign, dan Festival Film Gadget (FFG). Kompetisi tersebut akan diselenggarakan pada 1-2 Desember 2018 mendatang dengan mengundang tokoh-tokoh komunikasi ternama di Indonesia sebagai juri dalam tiap kategori. Sementara pendaftaran untuk perlombaan tersebut telah dibuka sejak 17 September yang lalu hingga 3 November 2018.

Selain itu dalam acara soft opening CA 2018 ini juga diadakan talkshow yang bertema “Ana Gata” bahasa sansakerta yang berarti masa depan. Dikatakan oleh Abi dengan mengundang alumni-alumni yang telah sukses di dunia kerja harapanya para peserta yaitu mahasiswa IK UMY bisa menggapai impiannya di masa depan. “Masa depan ada di tangan kita. Jadi kita harus bisa menata masa depan saat sudah lulus nanti,” ungkapya.

Acara Talk Show Ana Gata sendiri mengundang 3 alumni dengan 3 bidang berbeda yaitu dari bidang broadcasting diwakili Maharani sebagai Reporter Kompas TV, Public Relation ada Hanifah Razan sebagai Owner Healty Beauty ID Nutrition Club, dan dari bidang Advertising Guntur Novianto sebagai Conceptor Creative di Mara Advertising. (Pras)