CERDAS Salurkan Bakat Santri TPA Yogyakarta

Juli 22, 2013 oleh : BHP UMY

_MG_4486Ratusan anak terlihat berkumpul memadati lantai dasar masjid KH. Ahmad Dahlan UMY pada hari minggu pagi (21/7). Mereka adalah anak-anak santri TPA se DIY yang tengah mengikuti acara Ceria Ramadhan Anak Sholeh (CERDAS) yang di selenggarakan oleh mahasiswa yang tergabung dalam panitia Ramadhan Di Kampus UMY (RDK UMY).

Ketua takmir masjid KH. Ahmad Dahlan UMY Dr. Imamuddin Yuliadi, M.Si menjelaskan, acara tersebut merupakan upaya UMY untuk merealisasikan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan mengajak masyarakat sekitar terlibat dalam kegiatan kampus. “Alhamdulillah, animo masyarakat sekitar kampus cukup besar. Ini bagian dari pengabdian kami kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ia mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk kegiatan Islami UMY yang memang memiliki slogan Unggul dan Islami. Pihaknya berharap kegiatan tersebut dapat memberikan citra positif UMY pada masyarakat. “Kami ingin menggerakkan aktivitas-aktivitas seperti ini, karena aktivitas ini merupakan wujud dari upaya membentuk kampus yang islami,” tambahnya.

Sementara itu Azhar Labib selaku ketua panitia acara menjelaskan, acara ini terdiri dari beberapa lomba diantaranya lomba tahfidz, menggambar, mewarnai, Pildacil (Pilihan Da’i Cilik), cerdas cermat Al-Qur’an, hingga lomba adzan. Ia mengatakan, pihaknya sengaja menyelenggarakan acara tersebut untuk menyalurkan bakat anak-anak pada hal yang positif terlebih, pada bulan Ramadhan. “Kegiatan ini untuk mengetahui bagaimana kreatifitas anak-anak itu. Dan yang terpenting adalah, acara ini menjadi tempat untuk menyalurkan bakat mereka,” ujarnya.

Mahasiswa Fakultas Agama Islam UMY angkatan 2012 ini berharap, kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan tersebut di masa mendatang bisa tetap diadakan dengan menambahkan unsur kreatifitas dan inovasi yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya. “Harapan saya ke depan acara seperti ini bisa lebih dikembangkan dengan lebih baik lagi. Harus ada inovasi-inovasi dari panitia” imbuhnya.

Tidak kurang dari 23 throphy di perebutkan dalam lomba itu. Labib mengatakan, setiap lomba dalam CERDAS akan memiliki tida orang juara, namun khusus untuk lomba cerdas cermat Al-Qur’an akan memiliki juara harapan 1 dan harapan 2. “Selain memberikan throphy kami memberikan uang pembinaan dan sertifikat pada para juara” pungkasnya.