Catering Penyedia Konsumsi Peserta PIMNAS ke 25 Lalui Seleksi Ketat

Juli 9, 2012 oleh : BHP UMY

Sebagai upaya untuk memenuhi ketersediaan konsumsi para peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 25 yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah ditunjuk sebanyak enam pengusaha catering. Enam pengusaha catering yang terpilih tersebut telah melalui seleksi ketat untuk menjaga kualitas makanan yang disediakan.

Hal ini disampaikan Koordinator Konsumsi PIMNAS, Alni Rahmawati, S.E., M.Si., di Kampus Terpadu UMY Senin (9/7). Menurutnya keenam pengusaha catering yang terpilih tersebut telah melalui beberapa seleksi yang cukup ketat. “Penentuannya menggunakan penilaian yang cukup ketat terutama pada standart higienis makannya. Sebelumnya telah dilakukan survey dari sisi dapur, workshop, tempat penyimpanan makanan serta mobil pengantarnya,”ungkapnya.

Upaya-upaya tersebut dilakukan selain untuk menjaga kualitas makanan yang akan disediakan bagi para peserta PIMNAS juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya keracunan dan lainnya.

Alni juga menjelaskan bahwa pusat kesekretariaan konsumsi berada di Lantai Dasar Lapangan Bintang UMY. Lokasi tersebut dinilai cukup strategis dan terletak di tengah kampus yang nantinya akan memudahkan distribusi ke seluruh gedung yang dijadikan tempat presentasi para peserta PIMNAS. Sehingga pada saat sedang berada di ruangan presentasi, peserta tidak perlu mengambil makanan di sekretariat karena  panitia akan ada di setiap pintu ruangan untuk membagi makanan “Di setiap gedung akan disediakan sub sekretariat yang bertugas untuk melakukan pembagian makanan di ruangan presentasi. Setidaknya terdapat enam ruangan yang disiapkan di setiap gedung tersebut,”urainya.

Sementara itu untuk mengantisipasi pembagian makanan pada waktu sibuk misalnya pada saat istirahat dan jam makan dalam penuturan Alni, panitia telah menyiapkan Standard Operational. “Salah satunya dengan menerapkan sistem kartu kendali makan yang nantinya diberikan kepada seluruh peserta. Kartu tersebut wajib ditunjukkan peserta PIMNAS pada saat pembagian konsumsi. Kartu tersebut lalu akan diperiksa oleh panitia sesuai tanggal dan waktu pembagian.”jelasnya.

Menurut Alni, sistem ini dilakukan untuk mengelola pengambilan makanan dan menghindari kekurangan makanan akibat ulah bukan peserta yang ikut mengambil makanan. “Jika terdapat peserta yang kehilangan kartu kendali tersebut maka hanya perlu melapor ke sekretarian PIMNAS di gedung AR.Fachrudin A. Sehingga tidak perlu khawatir.”tegasnya.

Sharing is caring!