Calon Mahasiswa Juga Perlu Pertimbangkan Akreditasi Universitas

Desember 17, 2014 oleh : BHP UMY

Siswa-siswi SMAN1 Metro Lampung saat berkunjung ke UMY

Akreditas Universitas juga harus menjadi pertimbangan tersendiri bagi semua calon mahasiswa, atau bagi siswa-siswi yang saat ini masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) dan ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Hal ini karena di samping untuk mengetahui kualitas universitas yang dipilih, juga untuk menjadi salah satu penunjang kesuksesan mahasiswa dalam bidang pelayanan akademik, juga saat dirinya akan memasuki dunia kerja atau studi lanjut S2.

Inilah yang menjadi inti dari dua kegiatan studi banding siswa-siswi SMA ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang dilakukan dalam waktu bersamaan, pada Rabu (17/12). Dua sekolah yang berkunjung ke UMY yakni SMA Excelent Nurul Ikhlas, Sumatera Barat dan SMAN 1 Metro, Lampung ini, sama-sama ingin mengetahui lebih jauh tentang perguruan tinggi di Yogyakarta, khususnya UMY. Keduanya juga sama-sama ingin mengetahui program-program pendidikan apa saja yang ada di UMY, pengenalan jurusan, dan proses pendaftaran mahasiswa baru di UMY.

Sementara itu, menurut perwakilan dari Biro Admisi dan Penerimaan Mahasiswa Baru, Bachtiar Dwi Kurniawan. S.Fil. I., MPA dan Marwadi, sama-sama sepakat  bahwa untuk mengetahui tentang seluk beluk universitas, saat ini belum cukup jika tidak disertai dengan pengetahuan atau informasi mengenai akreditasinya. Baik itu akreditasi institusinya (universitas) maupun akreditasi dari Program Studinya. Sebab menurut Bachtiar, dalam memilih universitas dan prodi atau jurusan harus tahu akreditasinya, karena itu yang akan menentukan pekerjaan mahasiswa ke depannya. “Kita memang harus selektif dalam memilih universitas atau jurusan. Sebab ini akan menentukan pekerjaan yang akan kita pilih nantinya. Saat ini saja jika kita akan mendaftar PNS, universitas atau prodi yang kita pilih minimal harus terakreditasi B, “jelas Kepala Bidang Promosi PENMARU UMY ini.

Hal senada juga disampaikan Marwadi, menurutnya, akreditasi universitas sudah menjadi bagian penting dalam sebuah perguruan tinggi yang juga perlu diperhatikan. Karena akreditasi institusi itu juga sudah menjadi ketetapan dari pemerintah, dari sana pula akan terlihat bagaimana kualitas sebuah perguruan tinggi itu. Jika perguruan tinggi itu sudah terakreditasi, maka ia sudah menjadi perguruan tinggi yang diakui dan berkualitas. “Namun, di Indonesia masih beberapa yang sudah terakreditasi. Seperti juga di Yogyakarta, diantara sekian banyak perguruan tinggi, baru 3 perguruan tinggi yang akreditasinya A,” ungkapnya.

Marwadi pun berharap, agar siswa-siswi yang datang berkunjung ke UMY tersebut dapat memiliki pertimbangan dan referensi yang cukup untuk menentukan perguruan tinggi mana yang akan mereka pilih. Karena mereka yang datang ke UMY itu masih duduk di kelas XI. “Jadi, kalian masih punya waktu untuk mempertimbangkan mana yang akan kalian pilih. Kalau yang datang ke sini kelas XII, pasti mereka sudah menentukan perguruan tinggi pilihannya, karena sudah tidak punya waktu untuk mempertimbangkan lebih lama lagi,” imbuhnya.

Siswi SMA Excelent Nurul Ikhlas, Sumatera Barat saat berkunjung ke UMY