BRIDGING MAHASISWA BARU PRODI MANAJEMEN

Oktober 27, 2010 oleh : BHP UMY

Pelaksanaan bridging mahasiswa baru Program Studi Manajemen yang berlangsung tanggal 9 dan 10 Oktober di kaliurang yang diikuti oleh 103 mahasiswa baru Prodi manajemen dan didampingi oleh 20 mahasiswa HIMAMA mendapat respon yang cukup bagus dari mahasiswa. Komentar secara umum adalah kegiatan ini mempererat hubungan antar mahasiswa dan juga hubungan dosen dengan mahasiswa. Bahasa akademiknya, atmosfir akademik menjadi semakin baik. Selain itu mahasiswa merespon banyak hal yang didapatkan. Dalam acara ini mahasiswa memperoleh inspirasi dari wirausaha muda jogja yang sukses dengan “Kedai Digital” nya, mas Saptuari, memperoleh materi kepemimpinan dan pengembangan karakter dari dosen manajemen yang baru saja mendapat Gelar Guru Besar di Prodi Manajemen pada bidang manajemen SDM “Prof.Dr. Heru Kurnianto, MM., materi spiritualitas dan motivasi sukses tipsnya Ustad “Kang” Puji. Acara tersebut berlangsung sampai tengah malam, dan dini hari dilakukan sholat tahajud dan membaca Al-Qur’an, dilanjutkan dengan outing sampai tengah hari pada hari kedua.
Antusiasme mahasiswa sangat terlihat sepanjang pelaksanaan acara ini.
Berdasar evaluasi, hasil seperti inilah yang diharapkan, yang semoga akan dapat meningkatkan iklim akademik yang saat ini sudah terjalin cukup baik. Program studi menilai program ini sangat penting, untuk membekali sukses mahasiswa. Disamping itu, suasana santai penuh kebersamaan yang sangat dirasakan diharapkan dapat berdampak pada proses pembelajaran secara keseluruhan di prodi manajemen. Mengapa? suasana seperti inilah yang mendorong efektifitas pembelajaran, karena mahasiswa dapat berdiskusi dengan terbuka tanpa ada keengganan dan sungkan. Ini sesuai dengan metoda Student Centre Learning (SCL) dan penguatan softskills yang selama ini sedang dikembangkan di prodi manajemen.

Harapannya, proses ini akan mendorong isu efisiensi dan relevansi. Mahasiswa dapat mengantongi kompetensi lulusan seperti profil yang diharapkan.

Saat ini, sejalan dengan upaya menajamkan keunggulan bidang entrepreneurship dan managerialship yang sarat dengan muatan softskills dan hardskills mahasiswa juga dibekali kemampuan untuk melakukan pengembangan ide bisnis, perencanaan bisnis, dan implementasi bisnis.
Di bidang managerialship, penguatan softskills terinternalisasi dalam setiap mata kuliah (admin: ndari)