BRI Berikan Beasiswa ke 20 Mahasiswa UMY

Desember 11, 2018 oleh : BHP UMY

Sebagai salah satu Bada Usaha Milik Negara (BUMN), Bank Rakyat Indonesia (BRI) memiliki komitmen dalam memajukan generasi muda Indonesia untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan masa depan. Hal tersebut salah satunya dilakukan dengan membantu para pelajar dalam menempuh jenjang pendidikan yang mereka jalani. Untuk itu BRI memberikan bantuan pendidikan kepada 20 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan total sebesar 100 juta rupiah. Penyerahan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat (7/12) di Ruang Sidang Komisi Gedung AR Fachrudin A kampus terpadu UMY.

Yunindya Prihendrawan, Pimpinan Cabang BRI Yogyakarta Mlati, Sleman, menyampaikan bahwa penyerahan beasiswa tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan CSR (corporate social responsibility) BRI. “BRI memiliki beberapa pilar dalam penerapan CSR, salah satunya adalah pilar pendidikan dimana kami memberikan bantuan pendidikan berupa beasiswa kepada mahasiswa di kampus yang bermitra dengan BRI. Dengan UMY sendiri kami sudah bekerjasama sejak 2015 lalu dan kami ingin memberikan bantuan yang dapat dilakukan secara berkesinambungan. Harapannya program Beasiswa BRI Cerdas 2018 tersebut dapat membantu mahasiswa dalam menempuh proses pendidikannya di UMY,” ujarnya.

Yunindya menyebutkan bahwa meski BRI bergerak dalam industri finansial, namun BRI juga memiliki perhatian terhadap pengembangan sumber daya manusia. “Industri perbankan bukan hanya industri keuangan tapi juga industri pengembangan SDM. Karena yang menjalankan industri tersebut tetaplah manusia dan mahasiswa calon orang yang menggerakkan industri tersebut di masa depan. Meskipun industri keuangan kini sudah banyak dimodernisasi dengan teknologi, namun orang di belakangnya adalah manusia juga,” ungkapnya.

Dr. Ir Gunawan Budiyanto, M.P., rektor UMY menyampaikan bahwa pendidikan merupakan salah satu jalan untuk melakukan jihad dalam Islam. “Menempuh pendidikan merupakan salah satu bentuk penerapan jihad dalam Islam yang merupakan tugas manusia. Hal tersebut menjadi penting karena dengan pendidikan kita mampu hidup sebagaimana yang diperintahkan untuk berbuat dan menjadi baik. Dengan pendidikan pula kita bisa menunjukkan bahwa Islam merupakan rahmat bagi semua,” ujarnya.

Triyana, Amd. Kepala Pusat Konseling dan Kesejahteraan Mahasiswa (PKKM) LPKA (Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni) UMY menyebutkan ada 20 mahasiswa yang terpilih dari berbagai fakultas yang mendapatkan beasiswa tersebut. “Beasiswa tersebut bernilai total 100 juta rupiah dan ditujukan untuk 20 mahasiswa yang dibagi menjadi 6 mahasiswa berprestasi dan 14 mahasiswa yang kurang mampu secara finansial. Setiap mahasiswa akan mendapatkan dana sebanyak 5 juta rupiah dan diserahkan secara langsung oleh BRI,” jelas Triyana.