Berdayakan Masyarakat, PSIK UMY Gagas Salakan Morning

Agustus 20, 2018 oleh : BHP UMY

Pengabdian kepada masyarakat menjadi salah satu dari 3 poin Tri Dharma perguruan tinggi yang harus dilakukan oleh lembaga pendidikan tinggi di seluruh Indonesia. Atas dasar itu, Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pemberdayaan kepada masyarakat Padukuhan 5 Salakan, Kelurahan Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul dalam sektor kesehatan. Program yang digagas oleh PSIK UMY bernama Salakan Morning atau dapat disingkat menjadi Salmon.

Ema Waliyanti, S.Kep., Ns., MPH selaku dosen PSIK UMY saat ditemui di peluncuran program Salmon pada Minggu (20/8) di Padukuhan 5 Salakan menjelaskan bahwa program pemberdayaan mayarakat ini adalah hasil pengamatan dan pengkajian dalam waktu yang cukup lama untuk menemukan masalah serta solusi bagi warga setempat. “Dalam waktu 2 bulan, kami trus melakukan diskusi dengan warga setempat untuk mencari tahu apa yang sebetulnya mereka butuhkan, dan akhirnya kami menemukan permasalahan, yaitu kurangnya aktifitas fisik berupa olahraga,” tuturnya.

Ema pun menjelaskan program Salmon sendiri memiki berbagai kegiatan, yaitu jalan sehat, senam bersama, dan pemeriksaan kesehatan gratis. Selain kegiatan fisik yang menunjang kesehatan bagi kawasan yang dihuni oleh 150 Kepala Keluarga (KK), terdapat juga aktifitas jual beli yang dilakukan oleh warga. Ema berharap dengan adanya kegiatan ini, warga Dukuh Salakan menjadi sehat jasmani dan maju dalam perekomomian.

Pada kesempatan yang sama, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupatan Bantul H. Bibit Rustamto, SH turut hadir dalam acara yang digagas oleh PSIK UMY. Bibit pun memberikan komentar yang positif terhadap kegiatan tersebut. “Saya berterima kasih kepada UMY yang sudah mengadakan acara Salmon. Saya pun sangat mendukung kegiatan ini dilaksanakan, karena memiliki dampak yang baik bagi warga Dukuh Salakan. Harapan saya, acara ini bisa terus berlanjut secara rutin untuk kedepannya,” imbuh Bibit.

Pitoyo selaku Kepala Dukuh 5 Salakan mengatakan bahwa warga setempat sangat antuias dalam mengikuti acara ini dan mereka pun berkomitmen untuk selalu mendukung semua program yang diberikan oleh PSIK UMY. “Antusiasme warga dalam mengikuti acara ini sangat tinggi, hal ini dapat kita lihat dari peserta yang hadir, mulai dari anak usia dini sampai lansia. Saya bersama warga Padukuhan 5 Salakan akan selalu mendukung berbagai kegiatan yang digagas oleh mahasiswa UMY, karena semua program yang diberikan pasti memiliki efek yang positif bagi kami semua,” ujarnya.

Dalam melaksanakan kegiatan Salakan Morning, PSIK UMY bekerja sama dengan kelompok pemuda setempat dan juga Puskesmas Kasihan I. Salmon akan dilaksanakan secara rutin 1 kali dalam sebulan. (ak)