Belajar Empati, Mahasiswa KKI UMY Kunjungi RSJ dan Lanud. TNI AU

Mei 9, 2017 oleh : BHP UMY

Mahasiswa Jurusan Komunikasi & Konseling Islam (KKI) Fakultas Agama Islam (FAI) UMY konsentrasi konseling, berkesempatan melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang dan Lanud. TNI AU Abdul Rahman Saleh, Malang. Kunjungan yang dilakukan pada Jum’at (5/5) ini bertujuan untuk melatih sikap empati mahasiswa. Kunjungan tersebut juga merupakan bagian dari mata kuliah praktik micro konseling yang di ampu oleh dosen Very Julianto M.Psi Psikolog.

Melalui rilis yang diterima Biro Humas dan Protokol UMY pada Selasa (9/5), Very mengatakan bahwa tujuan dari kunjungan ini ialah sebagai bentuk pengenalan mahasiwa terhadap rumah sakit jiwa, pasien RSJ, pelayanan konseling di Lanud. TNI AU Abdul Rahman Saleh serta melatih sikap empati terhadap pasien atau orang yang menagalami ganguan jiwa. “Kami datang bukan hanya untuk berkunjung, tapi untuk belajar cinta. Cinta yang universal yaitu empati, agar tidak saling menghujat di lingkungan dan belajar apa yang mereka rasakan,” ujarnya.

Very juga menjelaskan bahwa ada dua kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa KKI dalam kunjungan tersebut. “Dalam kunjungan ke RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang,  mahasiswa KKI UMY melakukan analisis dan observasi terhadap pasien yang terdiri dari pasien usia dewasa dan remaja. Mereka juga meninjau hasil karya pasien berupa kerajinan tangan dan lukisan serta melakukan kunjungan ke Museum RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang ini juga merupakan RSJ  terbesar se-Indonesia dengan kapasitas 700 pasien, memiliki lahan 295 hektare, dan usianya juga sudah mencapai tahun ke 104,” jelasnya.

Sementara itu, kunjungan yang dilakukan mahasiswa KKI UMY di Lanud. TNI AU Abdul Rahman Saleh, Malang, bertujuan untuk mengetahui pelayanan konseling terhadap para perwira dan keluarganya.”Harapan dari kunjungan ini yakni mahasiswa dapat memahami terkait rumah sakit jiwa, pasien gangguang jiwa dan pelayanan konselor di TNI sebagai bahan pembekalan profesi konselor yang akan terjun ke masyarakat. Selain itu, kunjungan ini diharapkan mampu menambah semangat mahasiswa dalam mencapai mimpi-mimpinya,” imbuh Very.

Dalam kesempatan kunjungan ke Lanud. TNI Abdul Rahman Saleh, Mayor Kes. Fadilah., M.Psi. Psikolog Lanud. TNI AU Abdul Rahman Saleh, juga mengatakan bahwa konselor hadir untuk membantu menyelesaikan masalah dan menjaga emosional perwira baik dalam melakukan pekerjaan atau pelatihan militer, serta memberikan konseling kepada keluarga perwira yang sering ditinggalkan. “Dengan begitu, konselor sangat dibutuhkan dan harus mampu bertanggung jawab terhadap klien,” ujarnya di Aula TNI AU Abdul Rahman Saleh, Malang, Jum’at (5/5).