Bekali Mahasiswa Melalui Bridging Course

Desember 28, 2012 oleh : BHP UMY

Yogya(UMY)- Untuk membekali mahasiswa dengan berbagai aspek dari aspek mentalitas, intelektualitas, hingga orientasi kehidupan setelah lulus nanti Program Internasional Jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (International Program of International Relations/IPIREL UMY) menyelenggarakan kegiatan Bridging Course bagi mahasiswa baru.

Demikian disampaikan oleh Ratih Herningtyas, M.A Sekertaris IPIREL saat ditemui di Kampus Terpadu UMY, Jum’at (28/12).

Ratih menjelaskan bahwa Bridging Course merupakan kegiatan yang didesain untuk memberi orientasi kepada mahasiswa baik tentang kegiatan akademik maupun non-akademik. “Kegiatan ini sudah berlangsung sejak September hingga Desember 2012 dan dilaksanakan setiap pekan,” jelas Ratih.

Bridging Course ini terang Ratih terdiri dari beberapa kegiatan seperti achievement motivation training (AMT), Pelatihan presentasi, etika dan teknik menulis karya ilmiah. “ selain itu kegiatan ini menghadirkan pembicara yang merupakan staf ahli dari Non-Government Organization (NGO) internasional, Kementrian Luar Negeri dan dari kalangan korporasi internasional untuk memberikan gambaran dunia kerja,” terang Sekertaris IPIREL.

Selain itu, Ratih memaparkan bahwa kegiatan ini dirancang agar mahasiswa bisa melakukan berbagai persiapan sebelum memasuki dunia kerja. “ Nantinya mereka memiliki bayangan yang jelas tentang apa yang harus dilakukan selama menjadi mahasiswa dan kemana tujuan karir mereka setelah lulus nanti, “ paparnya.

Rangkaian kegiatan Bridging Course akan diakhiri dengan kegiatan out bond yang dilakukan di alam terbuka. “ dengan Out Bond akan membangun kebersamaan antar mahasiswa sendiri maupun mahasiswa dengan staf pengajar,” imbuh Ratih.

Seluruh kegiatan dari Bridging course jelas Ratih menggunakan bahasa Inggris, untuk membiasakan mahasiswa baru berlatih berbicara bahasa Inggris. “Sudah menjadi kewajiban mahasiswa HI bisa berbahasa Inggris, inilah yang menjadi ciri utama mahasiswa HI sendiri dan dalam perkuliahan nantinya juga menggunakan bahasa Inggris,”

Ratih mengungkapkan kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin yang akan terus dilakukan IPIREL UMY. “ Melihat antusias dari mahasiswa terkait Bridging Course ini, maka kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin dan akan terus dikembangkan di masa-masa yang akan datanng,” ungkapnya.