Atasi Masalah Sampah, Mahasiswa KKN UMY dan PKK Hargomulyo dirikan Bank Sampah

Februari 12, 2019 oleh : BHP UMY

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 081 Universitah Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), menginisiasi waga Dusun Pripih, Desa Hargomulyo, kecamatan Kokap, Kulon Progo untuk mendirikan Bank Sampah Dusun Pripih. Bank Sampah yang didirikan mahasiswa KKN 081 bersama warga, akhirnya diresmikan pada Senin (11/02) di Balai Desa Hargomulyo.

Ketua mahasiswa KKN 081 Bintang Noorrohmad mengatakan, Bank Sampah diberi nama Bank Sampah Pripih Mulyo (Bank Sapri) bukan sekedar bank sampah biasa, namun juga memberdayakan perempuan khsusnya anggota Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Hargomulyo. Program ini direncanakan dapat membantu warga dalam mengatasi persoalan sampah yang ada di Dusun Pripih juga menambah wawasan masyarakat mengenai sampah kemudian dapat menambah pemasukan bagi setiap nasabah Bank Sampah.

“Program ini dirancang dengan memberikan pengetahuan warga tentang jenis sampah, sehingga warga dapat memilah sampah-sampah yang kemudian dapat membuat dusun lebih asri juga sedikit membantu nasabah dalam menambah penghasilan,” ungkap Bintang.

Hadirnya Bank Sampah Sapri, membuat warga Dusun Pripih sangat antusias untuk mulai menabung di Bank Sampah tersebut. Bintang juga berkata, setiap dari warga diberi buku tabungan bank sampah yang bekerja sama dengan PERSADA serta 24 buah tempat sampah pemilahan yang diharapkan dapat membantu warga dan petugas bank sampah dalam memilah sampah.

“Harapan saya Bank Sampah Sapri ini akan terus berjalan serta berkembang dengan baik, hadirnya buku tabungan serta bantuan tong sampah diharapkan dapat menunjang Bank Sampah Pripih Mulyo dalam menjalankan programnya,” kata Bintang.

Selain dihadiri warga dusun Pripih, launching Bank Sampah Pripih Mulyo juga turut dihadiri oleh Arif prastowo, S.Sos.,M.Si Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kulon Progo. Dalam sambutanya ia mengatakan Bank Sampah Pripih Mulyo ini nantinya akan menjadi Bank Sampah pusat se-Hargomulyo. “Bank Sampah ini nantinya akan menjadi bank sampah pusat di Hargomulyo,” ungkapnya.

Ahmad Ma’ruf, S.E.,M.Si Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok KKN 081, berpesan kepada masyarakat dusun Pripih, untuk menjaga apa yang telah dibangun. Selain itu, meniatkan program Bank Sampah ini sebagai ibadah agar bank sampah akan terus berjalan, juga kebersihan dan kesejahteraan dusun tetap terjaga. (pras)