Angkat Tema Mengenai Eksploitasi Hewan, KOMAKOM UMY Kembali Gelar Communication Awards ke 10

Agustus 21, 2015 oleh : BHP UMY

IMG-20150729-WA0000[1]

Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOMAKOM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menyelenggarakan event tahunannya yaitu Communication Awards (CA) yang pada tahun 2015 ini tepat berumur satu dekade (10 tahun). Ajang Kompetisi Nasional Mahasiswa Ilmu Komunikasi se- Indonesia tersebut, pada tahun ini mengusung tema mengenai Eksploitasi Hewan. CA tahun ini membawa misi khusus dalam mencegah tindakan kekerasan, pemanfaatan, dan pembunuhan terhadap hewan-hewan langka yang dilindungi di Indonesia.

Dijelaskan oleh Deri Hazwara Lubis, selaku Ketua Komakom UMY, saat ditemui pada Jum’at (21/8), tujuan dari di angkatnya tema mengenai ekspolitasi hewan tersebut sebagai bentuk keprihatinan atas maraknya kasus kekerasan, dan pembunuhan yang dilakukan oleh manusia terhadap hewan yang dilindungi. Contohnya seperti perburuan liar beruang madu yang terjadi di Kalimantan, dan perburuan liar harimau di Sumatera, yang belakangan ini gencar diberitakan di media massa. “Kami memiliki misi nantinya melalui kompetisi ini masyarakat akan sadar dan paham, seberapa pentingnya hewan-hewan langka tersebut terhadap keberlangsungan makhluk hidup, melalui iklan, film, dan program CSR yang dikompetisikan pada CA tahun ini, dan diharapkan dapat menekan terjadinya pemburuan liar tersebut,” paparnya.

Sementara itu, Yuli Indrianti selaku Ketua Acara CA tahun 2015 ini menuturkan, berbagai Kompetisi akan siap digelar oleh rekan-rekan Komakom, yang mana kompetisi tersebut meliputi kompetisi Print AD, FFG (Festival Film Gadget), Integrated Campaign, Feature Competition, dan CSR (Corporate Social Responsibility) Program. “Untuk berbagai kompetisi tersebut pendaftarannya telah kami buka sejak tanggal 18 Agustus lalu, dan akan ditutup sampai dengan tanggal 19 Oktober 2015, dari berbagai kompetisi tersebut, untuk kategori kompetisi Integrated Campaign, merupakan kompetisi baru yang menjadi gebrakan kami di CA satu dekade ini,” ungkapnya.

Ditambahkan Yuli, CA tahun ini memiliki berbagai serangkaian acara selain kompetisi, yaitu Soft Opening yang akan diisi dengan Seminar Nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 Oktober, dan akan ditutup dengan acara Awarding Night yang rencananya akan digelar pada tanggal 15 November di TBY (Taman Budaya Yogyakarta). Serta untuk persyaratan perlombaan, brief masing-masing kompetisi, serta penjelasan tema lebih lengkapnya telah tersedia di website resmi CA. “Jika ingin tahu lebih jauh apa saja persyaratan perlombaan dan berbagai hal terkait CA, bisa langsung saja akses ke www.commawards-umy.com, di website itu sudah ada penjelasan mengenai CA yang lebih lengkap,” tambahnya.

Hazwara Lubis kembali menambahkan, CA yang merupakan sebuah kompetisi bagi mahasiswa komunikasi nasional tersebut merupakan event kompetisi komunikasi tertua di Indonesia, yang mana sudah ada sejak tahun 2005 dan perkembangannya semakin pesat hingga di tahun ke 10 ini. “Harapannya, CA ditahun ini akan menjadi lebih baik lagi dari CA tahun-tahun sebelumnya, baik dari segi kualitas dan kuantitas kompetisinya, serta semakin diakui secara nasional,” imbuhnya.