American Corner UMY adakan Lomba Spelling Bee tingkat SMA Se-Jogja

September 2, 2015 oleh : BHP UMY

IMG_8828Mengawali kegiatan semester gasal tahun ajaran 2015/2016, American Corner Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan lomba Spelling Bee 2015 pada Rabu (2/9). Spelling Bee 2015 merupakan lomba mengeja kata dalam bahasa Inggris, huruf per huruf dalam pengucapan bahasa Inggris yang benar. Spelling Bee 2015 ini khusus diikuti oleh siswa kelas 11 tingkat SMA/SMK dan sederajat. “Kegiatan lomba ini terselenggara atas dukungan penuh dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia. Jadi para peserta lomba tidak dipungut biaya apapun,” terang Putut Ardianto,S.Pd.,M.Pd selaku ketua penyelenggara Spelling Bee 2015.

Ia juga menambahkan, sejak disebarkannya pengumuman tentang lomba yang diadakan di pelataran lantai dua gedung D UMY ini, banyak para siswa dan siswa SMA yang menunjukkan minat untuk berpartisipasi. Hal ini terbukti dari jumlah pendaftar yang melebihi jumlah 70 orang dari seluruh SMA/SMK sederajat se Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). “Namun karena kami tidak dapat menerima semua pendaftar, maka hingga pada saat technical meeting, kami hanya mampu menerima 55 orang dari total keseluruhan pendaftar. Sedangkan pada hari ini, yang melakukan registrasi ulang hanya 47 siswa dari total 17 SMA/SMK,” jelas Putut.

Ia menjelaskan bahwa American Corner sangat mengapresiasi akan minat para siswa SMA dalam lomba Spelling Bee tahun ini. Namun sangat disayangkan bahwa jumlah peserta harus dibatasi karena terkait faktor jumlah wordlist (daftar kata) yang dilombakan hanya terbatas 50 kata saja. “Karena jumlah wordlistnya sudah ditentukan langsung dari Kedubes Amerika sejumlah 50 kata saja, jadi jumlah peserta juga harusw dibatasi di kisaran itu. Selain itu peserta dibatasi juga karena faktor waktu. Satu orang peserta diberikan waktu dua menit untuk mengeja. Jika semua pendaftar diterima, maka jumlah waktu menjadi tidak efisien,” tambahnya.

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris ini juga menyebutkan pada saat technical meeting para peserta telah diberi tahu, bahwa kumpulan kata yang akan dilombakan diambil dari kamus “Merriam Webster’s Collegiate Dictionary, Eleventh Edition”. Hal tersebut dimaksudkan untuk memudahkan para peserta dalam mempelajari kosa-kata yang akan dilombakan.

Selaku direktur American Corner UMY, Puthut juga menyebutkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dengan maksud untuk memperkenalkan keberadaan American Corner yang terletak di UMY, penggunaan American English serta budayanya. “Selain itu, diselenggarakannya Spelling Bee 2015 di UMY juga akan menjadi media promosi tersendiri bagi UMY, karena para siswa SMA dapat melihat langsung kampus terpadu UMY,” tuturnya.

Dalam lomba Spelling Bee 2015 ini, diambil satu orang pemenang yang akan mewakili D.I. Yogyakarta dalam lomba Spelling Bee tingkat Nasional yang akan diselenggarakan oleh Kedubes Amerika di Jakarta pada tanggal 22 September mendatang. “Hari ini secara serentak, seluruh American Corner yang ada di Indonesia mengadakan lomba Spelling Bee 2015. Dan yang menjadi pemenang dan akan mewakili Yogyakarta adalah Atiya Nahda Fadilla dari SMA N 4 Yogyakarta,” tambah Putut. Sedangkan selain juara 1, juga dipilih Runner Up 1 yaitu Halida Damayanti dari SMA N 3 Yogyakarta. (Deansa)