AMCOR UMY Kenalkan Ketrampilan Berbahasa Kepada Siswa

Mei 14, 2016 oleh : BHP UMY

IMG_5696Saat ini Bahasa Inggris sangat dibutuhkan sebagai Bahasa komunikasi di era global. Namun terkadang beberapa orang masih beranggapan bahwa Bahasa Inggris masih sulit dipelajari, sehingga perlu strategi pembelajaran Bahasa Inggris agar mudah dan menyenangkan. Salah satunya adalah memperkenalkan strategi pembelajaran melalui berbagai media. Seperti sarana game Bahasa Inggris yang diperkenalkan oleh American Corner Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ( Amcor – UMY).

“Amcor memiliki permainan teknologi yang ramah, serta menyediakan berbagai literasi buku yang bermanfaat untuk menambah wawasan serta meningkatkan Bahasa Inggris. Selain itu bagi siapapun, boleh mengunjungi Amcor yang terbuka bagi siapa saja,” papar Direktur Amcor UMY Puthut Ardianto saat memberi sambutan dalam acara Amcor Edufest 2016 di Hall Amcor UMY pada Sab’tu, (14/5). Sedangkan game diadakan setiap hari sab’tu pada jam kerja.

Selain memperkenalkan fasilitas yang ada di Amcor kepada para siswa dari SMP dan SMA muhammadiyah di Yogyakarta, dalam acara tersebut turut menampilkan pertunjukan dari para siswa dan mahasiswa UMY dengan menampilkan story telling yang ditampilkan oleh dua Siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta, dan speech yang ditampilkan oleh Gea siswa SMA Negeri 6 yang merupakan pemenang lomba NESCO . Selanjutnya juga menampilkan cara membaca berita berbahasa Inggris, dan dilanjutkan dengan tur di masing- masing stand dan workshop. Dalam workshop pertama membahas terkait grammar workshop, yang diisi oleh Puthut Ardianto, serta pada workshop kedua membahas tentang vocabulary workshop yang disampaikan oleh Sean Stelfox, English Language Fellow dari Amerika.

“Pengenalan ketrampilan Bahasa Inggris sekaligus memperingati hari pendidikan Nasional, kali ini kami sengaja mengundang perwakilan mitra siswa Muhammadiyah yang ada di Yogyakarta. Hal ini karena kami ingin lebih mengenalkan ketrampilan berbahasa, dan pengenalan belajar Bahasa melalui berbagai media. Media game menjadikan siswa menjadi lebih menyenangkan dalam belajar, selain itu juga memperkenalkan amcor agar lebih dikenal dan dapat dimanfaatkan bagi masyarakat umum, khususnya pelajar dan mahasiswa,” jelasnya.

Acara yang terselenggara sebagai Hari Ulang Tahun American Corner UMY, Puthut mengharapkan dengan diadakan acara yang bertemakan “Amcor Edufest 2016: Creating a Learning Society” memberikan motivasi bagi para peserta, khususnya bagi para pelajar dan mahasiswa. “Diharapkan peserta yang hadir dapat mengaplikasikan strategi belajar yang telah kami perlihatkan, dan termotivasi untuk lebih mempelajari Bahasa Inggris. Karena belajar bisa dilakukan dengan media apa saja,” harap Puthut. (hv)