Alumni Fakultas Kedokteran UMY Adakan Bakti Sosial dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

November 30, 2015 oleh : BHP UMY

IMG_1165Sebagai bentuk rasa kepedulian dan jiwa pengabdian yang tinggi terhadap masyarakat, alumni Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) khususnya Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan bakti sosial dan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat di Desa Banjarharjo, Kalibawang, Kulonprogo, Yogyakarta pada Minggu (29/11). Kegiatan tersebut merupakan pilot project pertama yang digagas oleh para alumni FKIK UMY, yang tersebar di seluruh Indonesia, dan diawali di Yogyakarta. Selain itu juga sebagai bentuk tindakan nyata para alumni FKIK UMY untuk terjun langsung pada masyarakat dan bergerak untuk Muhammadiyah. Hal tersebut diungkapkan dr.Widiyanto Danang selaku Ketua Alumni FKIK UMY.

Diungkapkan Danang, tujuan dari diadakannya kegiatan bakti sosial tersebut, selain untuk menjalin silaturrahim antar alumni FKIK UMY, juga sebagai wujud bakti dokter Muhammadiyah terhadap masyarakat yang membutuhkan. Selain itu juga sebagai ajang silaturahim antara alumni dengan Amal Usaha Kesehatan Muhammadiyah dan pengurus Muhammadiyah serta Aisyiyah. “Kegiatan ini merupakan bentuk sumbangsih kami kepada masyarakat dalam bidang kesehatan, dan kami para alumni sudah sepakat akan rutin melakukan kegiatan ini. Jadi baksos kali ini juga merupakan langkah awal bagi alumni-alumni FKIK UMY untuk melakukan kegiatan serupa setiap enam bulan sekali, kami juga sudah mengkoordinasikan kegiatan ini dengan alumni-alumni yang tersebar di seluruh rumah sakit di Indonesia,” ungkapnya.

Ditambahkan Danang, sejauh ini alumni FKIK UMY telah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia, dan sebagian telah menjabat sebagai direktur-direktur rumah sakit yang ada di Indonesia, dan harapannya dengan alumni FKIK yang telah tersebar di berbagai daerah tersebut, kegiatan bakti sosial ini dapat dijalankan di masing-masing daerah yang ditempati oleh alumni FKIK UMY. “Saat ini alumni kedokteran UMY telah mencapai 1.500 orang, diharapkan dengan jumlah yang cukup banyak tersebut, alumni dapat menggagas kegiatan serupa di daerahnya masing-masing dan pastinya melalui koordinasi antar alumni,” tambahnya.

Sementara itu, dr Maria Ulfa, salah satu alumni yang mengikuti kegiatan tersebut mengungkapkan, bakti sosial yang diadakan tersebut terdiri dari berbagai kegiatan, seperti pengajian, pemeriksaan dan pengobatan gratis, penyuluhan dan pelatihan hidup bersih dan sehat, memberikan pelatihan mencuci tangan yang baik dan benar bagi anak-anak usia sekolah serta pembagian sembako. “Kegiatan bakti sosial yang kami lakukan tidak hanya sekedar memberikan sembako, melainkan kami juga melakukan edukasi terkait dengan kesehatan kepada masyarakat, khususnya kepada anak-anak dalam hal menjaga kesehatan tangan, dengan melakukan praktek langsung mencuci tangan yang baik dan benar,” ungkapnya.

Kegiatan bakti sosial tersebut tidak hanya dilakukan oleh alumni FKIK UMY saja, melainkan bekerjasama dengan mahasiswa kedokteran UMY aktif, dokter muda, tim medis dan paramedis dari tiga Rumah Sakit, yaitu RS PKU Muhammadiyah Bantul, RS PKU Muhammadiyah Kotagede dan RS PKU Muhammadiyah Nanggulan, yang merupakan amal usaha kesehatan Muhammadiyah, serta turut aktif melibatkan pengurus Muhammadiyah dan Aisyiyah setempat. “Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama alumni dengan berbagai instansi RS milik amal usaha kesehatan Muhammadiyah, dan juga turut melibatkan mahasiswa dan dokter muda UMY, selain itu dalam kegiatan bakti sosial tersebut, panitia tidak saja menyediakan alat pemeriksaan dan pengobatan saja, melainkan juga menyediakan beberapa ambulance yang siap siaga mengantar pasien jika terjadi kasus kedaruratan atau harus merujuk pasien ke rumah sakit,” ungkap Maria. (adam)

Sharing is caring!