Alhamdulilah, Perpustakaan UMY Terakreditasi “A”

Februari 26, 2015 oleh : BHP UMY

imageUsaha pembenahan sistem karyawan dan pelayanan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berbuah manis. Penilaian yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sejak 21 Mei s/d 20 Desember 2014 menilai Perpustakaan UMY terakreditasi “A”, melalui program penilaian Akreditasi yang baru pertama kalinya di lakukan oleh Perpustakaan Nasional RI. Hal tersebut tercantum dalam Sertifikat Akreditasi Perpustakaan dengan Nomor: 29/1/ee/XII.2014 yang ditanda tangani oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Dra. HJ. Sri Sularsih, M. Si.

Menurut Kepala Perpustakaan UMY, Lasa HS, persiapan yang pihaknya lakukan agar mencapai standar untuk menjadi perpustakaan terbaik adalah dengan pembenahan dan peningkatan delapan program utama dalam manajemen perpustakaan. Dalam waktu kurang dari setahun pihak Perpustakan UMY telah mempersiapkan diri untuk dinilai oleh tim Akreditasi.

“Yang kita siapkan adalah perbaikan dan peningkatan dalam beberapa bidang, yaitu bidang kerjasama, peningkatan sumber daya manusia (SDM), menambah dan mendata koleksi buku yang kita punya, perbaikan pelayanan, memaksimalkan Sarana dan Prasana yang kita punya,dan pengorganisasian materi perpustakaan. Kita juga terus merawat koleksi perpustakaan agar siap guna, serta yang terpenting adalah profil perpustakaan kita jelas arahnya,” ujarnya.

Lasa HS menambahkan, bahwa yang terpenting bagi perbaikan suatu instansi adalah perubahan sikap SDM untuk bisa berbagi ilmu dengan perpustakaan lain. Dirinya mengatakan saat ini Perpustakaan UMY sering memberikan salinan koleksi kepada perputakaan lain seperti Perpustakaan Universitas Negeri Solo, STIE Cilacap, Universitas Muhammadiyah Magelang, serta membina perpustakaan di sekolah-sekolah Muhammadiyah yang ada di Yogyakarta.

“Saya berterimakasih atas kepemimpinan pak Bambang Cipto, yang telah memberikan peluang bagi kami untuk mengembangkan SDM kami, banyak yang aktif diluar, baik untuk sekolah, maupun mengikuti seminar-seminar yang mendukung ilmu pengelolaan perpustakaan. Sehingga oleh karena kesempatan dan dukungan yang diberikan oleh Pak Rektor, saat ini SDM kami mampu mengembangkan Perpustakaan UMY ini sehingga Alhamdulilah Terakreditasi ‘A’,” jelasnya.

Selain UMY, ada 7 Perpustakaan di Yogyakarta yang juga memiliki akreditasi A, diataranya Perpustakaan Universitas Gajah Mada (UGM), Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII), Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Suka Kalijaga Yogyakarta), Universitas Sanata Darma Yogyakarta, STIKES Aisyiyah Yogyakarta, SD Muhammadiyah Sapen dan SMP 2 Muhammadiyah Kota Yogyakarta. (Shidqi)