ABU Robocon 2015 Sukses Berjalan Dengan Sangat Lancar

Agustus 24, 2015 oleh : BHP UMY

Pelaksanaan Robocon 2015 yang berlangsung pada Minggu (23/8) di Sportorium Universitas Muhammadiiyah Yogyakarta (UMY) terbilang cukup sukses, ini terlihat jelas banyaknya penonton atau peserta yang merasa senang saat hadir dan menyaksikan acara Robocon 2015. Pelaksanaan acara ini pun disambut sangat meriah dan baik oleh beberapa pihak. Seperti yang dikatan oleh Javad Mottaghi, Ph. D selaku Sekertaris-General Assosiation Broadcasting Union (ABU) bahwa ia merasa sangat senang karena tahun ini ABU Robocon bisa terselenggara di Indonesia, apalagi acara ini terselenggara di Yogyakarta.

Saat diwawancarai di sela-sela acara kontes ABU Robocon, ia juga mengungkapkan kenyamanan dan kesenangan yang dirasakan olehnya bukan hanya sekedar pelaksanaannya saja namun, kesenangan ini dirasakannya juga karena ramahnya orang-orang Indonesia. “Masyarakat Yogyakarta sangat ramah, jika dilihat dari segi tempat tentunya UMY memiliki tempat yang sangat bagus dan baik. Apalagi masyarakat dan mahasiswa di sini sangat melayani, saya merasa diberikan pelayanan yang baik. Selain itu panitia dapat mengkoordinasi acara dengan sangat baik, lokasi pertandingan yang dibuat oleh panitia, dan konten program pun juga sangat baik. Apalagi saya terkesan dengan hiburan yang disajikan oleh panitia baik dari TVRI, UMY, maupun DIKTI sangat khas sekali dengan budaya yang dimiliki Yogyakarta, “ terangnya.

Javad melanjutkan, bahwa meskipun ada perbedaan-perbedaan dalam setiap pelaksanaannya itu sangatlah wajar, karena sebenarnya setiap negara di Asia-Pasifik ini memiliki budaya yang berbeda dan beragam. Keberagaman ini sangat jelas terlihat dari segi populasinya, budayanya, agamanya, dan ekonominya. “Kalau ditanya siapa yang paling sukses saya merasa setiap negara yang menyelenggarakan ataupun yang memiliki kesempatan menjadi tuan rumah kali ini saya katakan sukses dalam menyelenggarakannya. Selain penyelenggara, peserta  yang ikut bergabung dalam kompetisi ini saya anggap mereka semua adalah pemenangnya apapun hasilnya nanti. Karena menurut saya Robocon ini merupakan kontes robot yang memiliki keunikan tersindiri, bahkan ABU juga memiliki keunikan tersendiri, “ lanjutnya.

Keunikan dalam pelaksanaannya pun berbeda-beda, keunikan lain yang dimiliki ABU pun juga ada. “Keunikan lain dari acara ini adalah bahwa dengan terselenggaranya acara ini yang lebih rutin bisa diselenggarakan setiap tahunnya maka semakin banyak masyarakat dan mahasiswa yang tau tentang ABU ini. Tentu ini menjadi nilai plus tersendiri buat kami selaku pengurus ABU. Apalagi hal ini juga dapat mendorong mahasiswa untuk ikut bergabung dengan kontes Robocon di tahun-tahun setelahnya, “ terangnya.

Menurut Javad, penyelenggara acara Robocon ini khususnya untuk UMY bahwa, UMY memiliki kepanitiaan yang baik, disiplin, memiliki koordinasi yang seimbang, semua orang sangat bertanggung jawab, dan secara kesuluruhan acara ini berjalan dengan lancar. “Dan saya sangat menikmati acara ini. Saya juga berharap pelaksanaan ABU Robocon di tahun setelahnya bisa memiliki tim organisasi yang lebih banyaknya jumlahnya,” tutupnya.