74 Tim Roket Terbaik Siap Bersaing Dalam Komurindo 2014

Agustus 13, 2014 oleh : BHP UMY

Sebanyak 74 tim roket terbaik dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, siap bersaing dalam Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) 2014. Setiap tim tersebut beranggotakan 4 orang yang terdiri dari tiga mahasiswa dan satu dosen pembimbing. Kompetisi ini akan digelar sejak Rabu hingga Sabtu (13-16/8) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Pantai Bocor, Kebumen, Jawa Tengah.

Dalam acara Techinal Meeting yang diselenggarakan di Lapangan Sepak Bola Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rabu (13/8), Ketua Dewan Juri, Dr. Endra Pitowarno, M.Eng mengarahkan 74 tim tersebut untuk menyiapkan diri berkompetisi dalam Komurindo 2014. Ia juga mengatakan bahwa sebelum pelaksanaan kompetisi peluncuran roket dimulai pada Jum’at (15/8) mendatang, semua peserta diharuskan untuk mengisi borang. “Para peserta harus mengisi borang itu dengan lengkap. Termasuk mencantumkan frekuensi kerja dan tipenya. Sebab dari borang itu nantinya pihak juri akan menilai lagi, apakah frekuensinya sudah sesuai dengan ketentuan atau tidak,” jelasnya.

Selain itu, Endra juga mengungkapkan, setelah 74 tim tersebut mengisi borang yang telah disediakan, mereka juga diharuskan untuk mengikuti uji fungsi alat yang dikompetisikan. Uji fungsi alat tersebut juga untuk mengetahui kelayakan dari alat-alat yang akan dikompetisikan. Jika alat dari tim-tim tersebut lolos dari uji fungsi alat yang akan dikompetisikan, maka tim tersebut berhak meluncurkan roketnya pada kompetisi. “Sebaliknya, jika tidak lolos, maka kemungkinan tim tersebut tidak bisa mengikuti kompetisi,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan UMY, Sri Atmaja P. Rosyidi, ST., MSc.Eng., Ph.D.,PE, mewakili pihak UMY sebagai tuan rumah penyelenggaraan Komurindo dan Kombat, berharap akan lahir generasi-generasi penerus bangsa yang bisa mengharumkan nama Indonesia lewat ide-ide dan karya-karyanya. “Kami harap, dari acara ini bisa lahir anak-anak bangsa yang memunculkan ide-ide dan karya-karya terbarunya untuk mengharumkan nama bangsa. Kompetisi ini juga sebenarnya bisa mendorong kedirgantaraan kita agar bisa menjadi lebih mandiri lagi, dan khususnya bangsa Indonesia,” paparnya.

Komurindo adalah kompetisi tahunan rancang bangun muatan roket tingkat perguruan tinggi yang diselenggarakan sejak 2009. Dalam ajang ini, para mahasiswa ditantang untuk membangun suatu sistem monitoring dan pengukuran yang stabil, akurat, dan presisi di bidang peroketan. Sehingga diharapkan kegiatan ini akan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam rancang bangun serta pengujian roket dan muatannya. Sekaligus meningkatkan kemampuan mereka dalam teknologi penginderaan jauh dan sistem otomasi robotika pada muatan roket.

Kompetisi yang diprakarsai oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini, akan dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola UMY sebagai lokasi uji fungsi alat yang akan dikompetisikan, serta di Lapangan Tembak Dislitbang TNI AD, Pantai Bocor, Kebumen Jawa Tengah untuk pelaksanaan uji peluncuran.

Sharing is caring!