Delegasi UMY Siap Berlaga di PIMNAS 26

September 6, 2013 oleh : BHP UMY

_MG_5174Pimpinan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Jum’at siang (6/9) melepas delegasi yang akan mewakili UMY dalam PIMNAS 26 di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Dilepas langsung oleh Rektor UMY Prof. Dr. Bambang Cipto, MA para wakil UMY itu akan berada di Mataram dari tanggal 9 hingga 13 September. Pada event berskala nasional tersebut UMY mengirimkan 2 kelompok yang akan berlomba menjadi yang terbaik pada kategori PKM Penelitian.

Sugito, S.IP, M.Si selaku Kepala Pusat Pengembangan Kreatifitas Mahasiswa UMY mengungkapkan, pihaknya telah memberikan pemantapan secara intensif kepada 8 orang mahasiswa yang akan mewakili UMY dalam event tersebut melalui program Pimnas Camp. “Kita tiga hari ini Pimnas Camp untuk memantapkan substansi, teknik presentasi, dan meningkatkan motivasi mereka.” katanya pada acara pelepasan itu.

Pengajar Prodi Ilmu Hubungan Internasional UMY itu berharap tim yang akan turun pada lomba presentasi dan poster itu dapat tampil optimal dan selalu percaya diri. Target UMY dalam Pimnas kali ini, imbuh Sugito, adalah mempertahankan peringkat yang telah diraih pada Pimnas 25 yang diselenggarakan di kampus UMY tahun lalu. “Tahun lalu kita peringkat 11, sekarang target kita mempertahankan prestasi tahun lalu. Saya berharap mereka bisa tampil optimal dan self confidence. Kalau dari sisi teknis saya tidak meragukan mereka,” terangnya.

Lebih jauh Sugito menjelaskan PIMNAS merupakan muara dari PKM yang telah mulai dipersiapkan sejak Oktober tahun lalu. Para peserta yang lolos pada pimnas tahun ini, tambah Sugito, telah melewati proses persiapan dan pola pembinaan yang panjang sejak proses pengajuan proposal hingga dapat menjadi peserta. “Pola pembinaan sejak pengajuan porosal PKM kemudian diseleksi dikti dan didanai. Setelah itu melakukan pembinaan tingkat fakultas, kemudian monev (monitoring evaluation),” paparnya. (lalu)