6 Tim PKM UMY Lolos ke PIMNAS

Agustus 3, 2018 oleh : BHP UMY

Kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31 tahun 2018 ini akan dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada 28 Agustus hingga 2 September mendatang. Kompetisi ide kreatif mahasiswa tersebut akan diikuti oleh 440 tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dari 136 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Dalam kompetisi kali ini, 6 tim PKM dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil lolos dan berhak mengikuti perlombaan tersebut.

Oki Wijaya, S.P., M.P., Kepala Divisi Pengembangan Kreativitas dan Penalaran Mahasiswa UMY menyebutkan bahwa 6 tim yang menjadi perwakilan UMY tersebut akan beradu di 4 kategori PKM. “Dari 7 kategori yang diperlombakan dalam PIMNAS, 6 tim kita akan bertanding dalam 4 kategori. PKM-Kewirausahaan, FUR-CRAFT (Furniture Craft) dan SETUAN (Sendal Sepatu all-in-one); PKM-Karsa Cipta, Kompor Alai (anti lalai) dan DOSCA (Dosimeter Co Card Alarm); PKM-Penelitian Eksakta, Pemanfaatan Pumkins dalam Substitusi Medium Perbanyakan Tanaman Sarang Semut secara In Vitro; dan terakhir kategori PKM-Penerapan teknologi, MIMI SEHAT (Miring-Miring Sehat, Bed Pintar Untuk Tindakan Pencegahan Terjadinya Pressure Ulser di Perawatan Rumah Sakit),” ujarnya ketika diwawancarai oleh tim Biro Humas dan Protokol (BHP) UMY pada hari Jumat (3/8) diruang LPKA (Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni) UMY.

Oki menyampaikan bahwa jumlah yang ikut untuk periode tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Tahun sebelumnya hanya 4 tim yang mengikuti PIMNAS, peningkatan ini menunjukkan bahwa usaha dan inovasi UMY untuk membimbing dan menaikkan kualitas mahasiswa memberikan hasil yang baik. Salah satunya adalah dengan melakukan Kompetisi Ide Kreatif yang dikelola oleh LPKA,” ungkapnya.

“Kompetisi ide kreatif ini kita tujukan untuk para mahasiswa baru UMY, ini kita lakukan untuk menjaring mahasiswa yang berpotensi untuk mengikuti PKM. Mereka yang terjaring kemudian akan dilatih untuk membuat proposal penelitian, memilih topik dan lainnya. Selanjutnya yang lolos akan kita bimbing lebih lanjut agar dapat lolos ke PKM,” jelas Oki.

Oki juga menyebutkan bahwa UMY akan memberikan dukungan penuh bagi mahasiswa yang berminat untuk mengembangkan prestasinya. Baik untuk bidang akademik maupun non-akademik.