572 Peserta Ikuti Jogja Marching Day 2017 di UMY

Mei 22, 2017 oleh : BHP UMY

Sebanyak 572 peserta dari 25 unit Marching Band  mengikuti latihan bersama bertajuk “Jogja Marching Day 2017” di Lapangan Sepak Bola UMY pada Minggu (21/5). Para peserta berasal dari unit Marching Band yang ada di Yogyakarta dan di luar Yogyakarta seperti MB Ekalvya Suara Brawijaya, MB UNS, MB UMS, MB Waditra Ganesha ITB, MB Unida Gontor, MB Bahana Putra Sudirman Unsoed, MB USU dan sebagainya.

Jogja Marching Day (JMD) merupakan agenda tahunan yang dimiliki oleh Keluarga Besar Marching Band Yogyakarta (KBMBY) yang terdiri dari 7 unit perguruan tinggi di Yogyakarta yaitu Drum Coprs UMY, Marching Band UGM, Marching Band UII, Marching Band Atmajaya, Marching Band Citra Derap Bahana UNY, Marching Band UPN Yogyakarta, dan Drum Coprs Saraswati ISI Yogyakarta.

Koordinator Humas JMD, Amanda Hasna Nadhya mengungkapkan JMD kali ini mengambil tema “Derap Pemuda Bersama Bangkit Berkarya” sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada tanggal 20 Mei. “Tanggal 20 Mei merupakan Hari Kebangkitan Nasional, Kita anak marching juga memperingatinya dengan cara kita sendiri. Lewat JMD ini, kita sebagai pemuda diingatkan untuk mengingat sejarah perjuangan Kebangkitan Nasional. Acara ini juga dapat menjalin silaturrahim diantara Unit-unit Marching Band,”ungkapnya.

Lebih lanjut Amanda menjelaskan pelaksanaan JMD kali ini dipusatkan di lapangan sepak bola UMY. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu Latihan Bersama, Coaching Clinic, Pentas Seni dan Penampilan Peserta. “Seluruh Peserta datang sejak hari Sabtu. Setelah itu para peserta dibagi menjadi empat divisi dan mengikuti coaching clinic yang diisi pemateri dari masing-masing divisi yaitu Brass, Color Guard, Battery dan Pit Percussion. Malam harinya, kami juga mengadakan games dan pentas seni bagi para peserta agar lebih akrab. Pada hari Minggu, ke 572 peserta tampil memainkan lagu bersama,”jelasnya lagi.

Pada penampilan hari Minggu, para peserta membawakan medley lagu nasional dan membentuk koreo tulisan JMD 2017. “Sesuai dengan tema, lagu yang dibawakan adalah lagu perjuangan dan nasional. Lagu yang dibawakan adalah medley Api Kemerdekaan, Bangun Pemudi Pemuda, dan Indonesia Jaya. Selain itu, para peserta juga membuat koreografi membentuk tulisan JMD 2017,”ungkap Manda. (bagas)