5 Tokoh Muhammadiyah Terima Penghargaan UMY Award

Juni 8, 2015 oleh : BHP UMY

IMG_9962Sebanyak lima tokoh Muhammadiyah, yakni H. Moeljoto Djojomartono (Alm), Drs. H. Mustafa Kamal Pasha (Alm), Brigjen. TNI (Purn) Drs. Bakri Syahid (Alm), Ir. H.M. Dasron Hamid, M.Sc (Alm) dan Drs. Alfian Darmawan, didaulat oleh Universitas Muhammdiyah Yogyakarta (UMY) yang berhasil meraih penghargaan UMY Award ke-3. Kelima orang tersebut merupakan tokoh Muhammadiyah yang telah berdedikasi tinggi pada pendirian, pengembangan serta kemajuan UMY hingga saat ini.

Pemberian penghargaan UMY Award ini pun bertujuan untuk memberikan pengakuan, penghormatan dan penghargaan atas prestasi, jasa, dan pengabdian mereka dalam berbagai kegiatan yang menunjang pelaksanaan Catur Dharma pergurun tinggi. Penghargaan tersebut juga sebagai bentuk penghormatan atas pengabdian kelima tokoh tersebut yang luar biasa, yang telah disumbangkan kepada UMY, Muhammadiyah dan Bangsa Indonesia.

Prof. Dr. H. Moh. Anwar M.Med., Sc., Sp.OG(K), selaku ketua Senat UMY dalam sambutannya pada acara Pidato Milad UMY ke-34 mengatakan, UMY Award tersebut juga merupakan bentuk apresiasi UMY terhadap tokoh-tokoh yang telah berkontribusi terhadap UMY di segala sisi kehidupan. “Baik di bidang ilmu pengetahuan, tekonologi, seni, kemanusiaan dan sosial keagamaan, atas hal itu diberikannya UMY Award ini,” paparnya, sebelum mengumumkan nama-nama tokoh penerima UMY Award tersebut di Hall Masjid KH Ahmad Dahlan Kampus Terpadu UMY, pada Senin (8/6).

Penghargaan UMY Award ke-3 ini, lanjut Prof. Anwar, tahun ini diserahkan kepada 5 tokoh, yang hasilnya telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Senat UMY Nomor: 022/SK/K.IV-SU/2015 tentang Penerimaan UMY Award tahun 2015. “Tokoh tersebut yaitu (alm) H. Moeljoto Djojomartono, (alm) Brigjen TNI (Purn) Bakri Syahid, (alm) Drs. Mustafa Kamal Pasha, (alm) Ir. H. M. Dasron Hamid, M.Sc, dan Drs. H. M. Alfian Darmawan,” tuturnya.

Ahdiana Yuni Lestari, S.H. M.Hum, selaku Sekertaris Senat UMY menambahkan, hasil dari penetapan kelima tokoh tersebut berdasarkan dari beberapa proses penilaian. “Sistem dari penyaringan seluruh usulan yang diterima dalam pemberian UMY Award ini melalui berbagai tahapan, pertama, pemeriksaan kelengkapan berkas oleh tim penilai calon penerima UMY Award. Kedua, usulan yang dinyatakan lolos seleksi dokumen dan verifikasi, akan diserahkan kepada Senat Universitas. Kemudian Senat Universitas akan melaksanakan kajian dan telaah terhadap usulan dan selanjutnya melakukan pemilihan dan penetapan Penerima UMY Award,” imbuhnya.

Penghargaan UMY Award tersebut diserahkan secara langsung oleh Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah , Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMY, Ketua Senat UMY, Rektor UMY, dan Ketua Tim Penilai UMY Award. (adm)

Sharing is caring!