34 Perguruan Tinggi Islam Kopertais Wilayah I DKI Jakarta, Jalin Kerjasama dengan UMY

November 5, 2019 oleh : BHP UMY

Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah I DKI Jakarta resmi melakukan kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Hal ini dilakukan setelah menandatangani nota kesepahaman, Senin (4/11) di Gedung A.R Fachruddin A. Lantai 5 UMY. Dalam hal ini, kedua belah pihak akan bersama-sama untuk mengembangkan pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan kemahasiswaan.

Wakil Koordinator Kopertais Wilayah I DKI Jakarta, Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, M.A. menjelaskan bahwa ia datang bersama dengan 34 perguruan tinggi yang menjadi anggota di wilayah I. Ahmad Thib menjelaskan alasannya memilih kampus di Yogyakarta yang salah satunya UMY sebagai rekan untuk kerjasama lantaran merasa UMY meliliki Fakiltas Agama Islam (FAI) yang bagus.

“Pertama pertimbangannya perguruan tinggi di Yogyakarta hebat, salah satunya UMY. Dalam usia yang relatif muda sudah sangat bagus. Kedua Program Studi yang ada di FAI UMY dengan mudah mendapatkan akreditasi A karena kualitasnya. Untuk itu, bersama saya ada 34 perguruan tinggi untuk mendengarkan masukan agar kami mendapatkan pengalaman,” ujarnya.

Kemudian, ia berharap setelah ini pembahasan kerjasama akan semakin masif dan mendalam. Akan rugi apabila tidak betul-betul dimaknai sebagai proses pembelajaran yang sangat menguntungkan. “Karena itulah, kami akan menandatangani nota kesepahaman dengan UMY. Karena kami yakin akan mendapat banyak pelajaran setelah ini,” imbuhnya.

Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM menyambut hangat kedatangan rombongan tersebut. Ia mengatakan bahwa UMY akan siap membantu sesuai dengan kesepakatan yang telah dijelaskan. “Selamat datang di kampus kami, semoga kita bisa menjalin kerjasama ini dengan baik dan bisa meningkatkan kualitas pendidikan kita,” imbuhnya.

Pada akhir pertemuan, Wakil Koordinator Kopertais WIlayah I DKI Jakarta dengan Rektor UMY melakukan penandatangan kerjasama, dilanjutkan dengan 34 perguruan tinggi yang juga melakukan penandatanganan satu per satu sebagai tanda bukti kerjasama dengan UMY. (ak)