3 Tahun Berdiri, Magister Keperawatan UMY Terakreditasi B

Januari 8, 2015 oleh : BHP UMY
Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc saat memberi keterangan mengenai Akreditasi Magister Keperawantan UMY.

Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc saat memberi keterangan mengenai Akreditasi Magister Keperawantan UMY.

Magister Ilmu Keperawatan (M.Kep) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) patut berbangga dengan prestasi yang baru diraihnya. Pasalnya baru berdiri sejak 2011 lalu, M. Kep Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sejak 7 Desember 2014 berhasil meraih akreditasi B. Akreditasi ini didapatkan diantara 9 Universitas yang memiliki Magister Keperawatan di Indonesia, dan UMY menjadi salah satu M.Kep yang sudah terakreditasi B.

Menurut Direktur Program Pascasarjana UMY Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc mengungkapkan, melalui Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 463/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2014, bahwa sejak 7 Desember 2014 M.Kep UMY sudah terakhreditasi B, dan akan berlaku hingga 7 Desember 2019.

“Melalui surat ini, M. Kep UMY sudah jelas terakreditasi oleh BAN-PT (sambil menunjukan SK BAN-PT). Sejak 7 Desember lalu M.Kep UMY resmi terakreditasi B diantara 9 Universitas yang punya magister keperawatan,” ujarnya, saat ditemui di Pascasarjana UMY, Kampus Terpadu UMY, Kamis (8/1).

Nurmandi juga menyebutkan magister keperawatan di Indonesia yang sudah terakreditasi, seperi UI terakreditasi A, UGM B, UNDIP B. “Sementara lainya seperti UNAIR, Brawijaya, UNPAD, Muhammadiyah Jakarta, dan Universitas Respati itu C. M.Kep UMY yang sudah meraih akreditasi B juga patut berbangga karena sekalipun dari swasta tapi bisa sejajar dengan universitas negeri seperti UGM, yang sudah lebih dulu terakreditasi,” ungkapnya.

Selain itu, Nurmandi menjelaskan M.Kep UMY mendapatkan Akreditasi B di usia yang masih sangat muda, yakni pada usianya yang ketiga. Hal ini dikarenakan M.Kep memiliki strategi peningkatan prestasi mahasiswa, peningkatan prasarana, dan juga publikasi ilmiah yang baik. Sehingga akreditasi M.Kep UMY pun bisa sejajar dengan kampus-kampus negeri yang telah lama memiliki Magister Keperawatan.

“Strategi yang kita bangun agar M.Kep UMY bisa dengan cepat terakreditasi B adalah dengan terus melakukan peningkatan pada prestasi mahasiswa, peningkatan prasarana, dan juga publikasi ilmiah yang terus kita lakukan. Sehingga akreditasi M.Kep UMY bisa sejajar dengan universitas negeri yang sudah lama punya Megister keperawatan” jelasnya.

Nurmandi pun kembali menambahkan, bahwa yang menjadi penilaian dari pihak BAN-PT meliputi visi misi dari prodi, tata kelola prodi, kegiatan kemahasiswaan, kurikulum yang diterapkan, sarana dan prasarana yang memadai, dan juga publikasi, sehingga prodi yang sudah terakreditas adalah prodi yang sudah memenuhi unsur-unsur tersebut.

“Penilaian yang dilakukan oleh BAN-PT itu adalah penilaian kepada beberapa elemen, yaitu visi-misi, tata kelola, kemahasiswaan, kurikulum, sarana dan prasarana, dan publikasi. Oleh karena itu kita terus berupaya semenjak setahun lalu untuk memenuhi semua unsur-unsur ini, sehingga kita bisa tarakreditasi B, seperti saat ini. Hal ini pun nyatanya berdampak pada peningkatan jumlah mahasiswa. Karena di tahun 2015 ini sudah ada 62 mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa Magister Keperawatan UMY. Padahal tahun lalu hanya 55 orang, ini merupakan salah satu dampak positif  dari akreditasi,” imbuhnya. (Shidqi)