Berita

​Din Syamsudin Tegaskan Muhammadiyah Netral Dalam Pilpres 2014

Din Syamsuddin dalam Pengajian Ramadhan 1435H PP Muhammadiyah

Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. M. Din Syamsuddin menegaskan Muhammadiyah secara organisasi tidak memihak salah satu kandidat pasangan capres-cawapres yang bertarung dalam kontestasi Pemilu 9 Juli mendatang. Hal tersebut diungkapkan Din karena ada selentingan beredar di masyarakat yang menyebutkan Muhammadiyah berada di salah satu pihak kekuatan politik tersebut.

“Muhammadiyah netral, jangan sampai memihak salah satu kekuatan politik,” ungkap Din dalam Pengajian Ramadhan PP Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Selasa (1/6).

Dalam kesempatan itu Din juga mengingatkan para Pimpinan Wilayah Muhammadiyah seluruh Indonesia yang hadir untuk menjaga netralitas. Muhammadiyah di daerah, lanjut Din, harus bisa menjadi pencerah di tengah hingar bingar proses Pemilu yang bisa saja memecah persatuan masyarakat.

“Muhammadiyah diharapkan sebagai pencerah di tengah kondisi saat ini. Kita hanya membela kebenaran,” tukasnya.

Sementara itu Dr. Haedar Nasir menyebutkan, Muhammadiyah sebagai gerakan pencerahan harus mampu memberikan jawaban atas berbagai permasalahan kemanusiaan saat ini. Karena telah terlibat aktif dalam perjuangan kemerdekaan NKRI, Muhammadiyah harus mengemban misi dakwah dan tajdid untuk menghadirkan Islam sebagai ajaran yang mengembangkan sikap tengahan dan membangun perdamaian, serta menghargai kemajemukan.

“Muhammadiyah telah terlibat aktif dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan dan terlibat aktif dalam meletakkan fondasi berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Ia menekankan, dakwah yang dilakukan haruslah bersifta mencerahkan dengan bersifat membebaskan, memberdayakan, danmemajukan kehidupan di segala bidang menuju terwujudnya peradaban yang utama.

Pengajian Ramadhan 1435H PP Muhammadiyah yang digelar di UMY kali ini mengangkat tema Dakwah Pencerahan Menuju Indonesia Berkemajuan. Pengajian tersebut akan dilaksanakan 4-6 Juli mendatang di Gedung AR Fakhruddin B dengan menghadirkan tokoh-tokoh Muhammadiyah sebagai pembicara.

Share This Post

Berita Terkini