​Program Pascasarjana UMY Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Secara Online

Juni 24, 2014 oleh : BHP UMY

Tuntutan pemanfaatan teknologi informasi di dunia pendidikan tinggi mutlak diperlukan. Untuk itu Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mulai tahun akademik 2013/2014 melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui sistem online di alamat :http://pasca.umy.ac.id.

Demikian disampaikan Sekretaris Bidang Akademik Program Pascasarjana UMY, Dr. M. Nurul Yamin, M.Si, saat launching sistemonline penerimaan mahasiswa baru pascasarjana UMY, pada Kamis (19/6). Menurut Yamin, Pendaftaran secara online tersebut merupakan pengembangan dari Sistem Informasi Managemen yang tengah dikembangkan oleh Program Pascasarjana UMY dalam memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik kepada calon mahasiswa untuk melakukan pendaftaran. “Terobosan ini diharapkan juga bisa mempermudah proses pendaftaran dan menjangkau calon mahasiswa di sejumlah daerah, lebih efesien dan menghemat biaya transportasi serta waktu,” ungkapnya.

Fleksibilitas sistem ini, disamping dapat dilakukan secara online dengan desktop, juga bisa menggunakan sistem  mobile first design sehingga dapat digunakan melalui smartphone meski dengan layar yang lebih kecil. Yamin juga menjelaskan, bagi calon mahasiswa Program Pascasarjana UMY setelah masuk ke  http://pascasarjana.umy.ac.id. langkah berikutnya adalah mengklik pendaftaran secara online dan mengisikan data yang diperlukan.

“Setelah itu, calon mahasiswa akan mendapatkan ID dan Password untuk membayar biaya pendaftaran di Bank Syari’ah Mandiri (BSM) ataupun Bank BRI di seluruh Indonesia. Sistem ini juga memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa untuk memilih sendiri jadwal waktu Ujian Seleksi sesuai dengan keinginan yang bersangkutan,” jelasnya.

Dengan demikian, lanjut Yamin lagi, calon mahasiswa dapat langsung datang pada waktu Ujian Seleksi tersebut dengan menunjukkan tanda bayar sebagai pendaftar calon mahasiswa baru Program Pascasarjana UMY. “Setelah calon mahasiswa baru dinyatakan diterima, diwajibkan melakukan registrasi dengan menyertakan berkas yang diperlukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada masing-masing program studi di lingkungan Program Pascasarjana UMY,” pungkasnya.​